HUKUM PENAMAAN GELAR HAJJI
Fatwa lajnah No. (17797)
SOAL : Kebiasaan seseorang memanggil orang yang telah menunaikan hajji dengan ‘Hajji’ atau ‘Hajjah’ apakah panggilan ini ada dasarnya dalam syari’at ?
JAWAB : Hendaknya seseorang memanggil saudaranya muslim dengan panggilan yang baik dan yang disukai. Seperti memanggil dengan Kun yah-nya. Adapun memanggil dengan ‘Hajji’ lebih utama ditinggalkan. Karena setiap kali menunaikan kewajiban ibadah /rukun Islam tidak mesti harus dipanggil dengan rukun tersebut. Namun pahalanya dari Allah bagi siapa yang diterima ibadahnya. Wajib bagi setiap muslim untuk tidak membuat dirinya bergantung dengan gelar-gelar (Laqob) tersebut. Namun hendaknya memurnikan niyat dalam setiap menunaikan ibadah semata2 ikhlas mencari wajah Allah semata.
Sholawat dan salam semoga atas nabi. Billahi taufiq.
LAJNAH DAIMAH LIL-BUHUTS WAL IFTA’
Ketua : Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
Anggota : Syaikh Abdullah bin Ghoidan
Syaikh Sholih Al-Fauzan
Syaikh Abdul Aziz Alus Syaikh
Syaikh Bakr Abu Zaid
.تسمية من حج الحاج فلان:
السؤال الثاني من الفتوى رقم (17797)
س2: اعتاد الناس أن ينادي بعضهم بعضا بقولهم: (ياسي فلان) أو (الحاج فلان) إذا حج بيت الله سبحانه وتعالى، فهل من حكم شرعي يتعلق بهذه المسألة؟
ج2: يكره أن يقول: (يا سي) و(يا سيدي) لما ورد في الحديث عن النبي صلى الله عليه وسلم مما يدل على كراهية ذلك، والمشروع أن يدعوه باسمه أو كنيته، أو يقول: (يا أخي) إن كان مسلما.
أما مناداة من حج بـ: (الحاج) فالأولى تركها؛ لأن أداء الواجبات الشرعية لا يمنح أسماء وألقابا، بل ثوابا من الله تعالى لمن تقبل منه، ويجب على المسلم ألا تتعلق نفسه بمثل هذه الأشياء، لتكون نيته خالصة لوجه الله تعالى. وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.
اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
الرئيس: عبد العزيز بن عبد الله بن باز
عضو: عبد الله بن غديان
عضو: صالح الفوزان
عضو: عبد العزيز آل الشيخ
عضو: بكر أبو زيد
حكم مناداة الذي حج بقولهم : يا حاج .
Hukum panggilan “HAJI”
قال النووي في المجموع :
( يجوز أن يقال لمن حج : حاج ، بعد تحلله ، ولو بعد سنين ، وبعد وفاته أيضاً ، ولا كراهة في ذلك ، وأما ما رواه البيهقي عن القاسم بن عبدالرحمن عن ابن مسعود قال : (( لا يقولن أحدكم : إنِّي صرورة ، فإن المسلم ليس بصرورة . ولا يقولن أحدكم : إنِّي حاج ؛ فإن الحاج هو المحرم )) فهو موقوف منقطع ) ا ه
( يجوز أن يقال لمن حج : حاج ، بعد تحلله ، ولو بعد سنين ، وبعد وفاته أيضاً ، ولا كراهة في ذلك ، وأما ما رواه البيهقي عن القاسم بن عبدالرحمن عن ابن مسعود قال : (( لا يقولن أحدكم : إنِّي صرورة ، فإن المسلم ليس بصرورة . ولا يقولن أحدكم : إنِّي حاج ؛ فإن الحاج هو المحرم )) فهو موقوف منقطع ) ا ه
Imam Nawawi membolehkan.
وقال الألباني : ( تلقيب من حج بالحاج : بدعة )
Syaikh Albani berpendapat Bid’ah. Karena tidak ma’ruf panggilan tersebut di zaman Nabi dan khulafaur rasyidin. Tidak ada Laqob Haji Abu Bakar, Haji Umar bin Khotob, Haji Ali bin Abu Tolib. Dan seterusnya. Kenapa hanya Hajji ? sementara Umroh yang sama- sama pelaksanaan manasiknya yang mirip hajji tidak ada laqob Umroh ?
Hanya saja Bid’ah amaliyah yang La yakhruju minal millah (Islam).
وفي تاريخ ابن كثير في وفيات سنة 680 هـ ، وهو أول موضع يذكر فيه هذه اللفظة (( الحاج فلان )) تاريخ ابن كثير 13/296)
Imam Ibnu Katsir : membolehkan
Dalam kumpulan Fatwa Islam.web menyatakan banyak ulama’ membolehkan panggilan yang disukai seseorang dan termasuk sunnah. Namun dengan syarat jauh dari Riya’ dan jangan sampai menggiring seseorang kepada Ujub. Hingga merusak ke-MABRURAN Hajji.
ومن هذا يتبين جواز تلقيب من حج بالحاج إذا لم يخش منه عجب أو رياء.
Imam nawawi dalam Majmu’nya membolehkan :
واتفقوا على استحباب اللقب الذي يحبه صاحبه، فمن ذلك أبو بكر الصديق اسمه عبد الله بن عثمان ولقبه عتيق، ومن ذلك أبو تراب لقب لعلي بن أبي
طالب
Ulama sepakat atas sunnahnya memanggil dengan panggilan yang disukai. Demikian itu panggilan yang baik juga pada Abu Bakar dengan ‘AsShiddiq’ Ali dengan laqob “Abu Turob’, Umar dengan panggilan ‘Al-Faruq’. Dan sebagainya….
Ringkasan dari : http://fatwa.islamweb.net/fatwa/index.
المسلمون انهم غرباء عن البلاد واتو لكي يحجوا بيت لله
...... .لالكي يعود ونلقبه باسم الحاج او الحاجة
Kaum Muslimin meninggalkan negeri2 mereka yang jauh dan datang ke Makkah semata2 untuk menunaikan ibadah hajji ke baitullah. Bukan untuk supaya dipanggil HAJJI atau HAJJAH jika sekembalinya ke negaranya nanti.
وحج بيت الله الحرام هو الركن الخامس من أركان الإسلام، وهذا الركن مثله كمثل غيره من بقية أركان الإسلام، فقول الناس يا "حاج" لمَن حج بيت الله إنما هو تكريم له، ولكن لا ينبغي له أن يطلب من أحدٍ تكريمه به؛ لأن مَن عبد الله تعالى مخلصًا لا يطلب جزاءه إلا من ربه عز وجل
Hajji ke Baitullah adalah rukun Islam ke-lima rukun ini sama dengan rukun2 yang lain. Ucapan orang2 yang memanggil kaum muslimin yang berhajji dengan Hajji hanyalah semata untuk panggilan memuliakan. Akan tetapi hendaknya seseorang tidak berniyat ibadah haji itu untuk mencari pujian manusia. Ibadah hendaklah semata2 mencari balasan dari Allah semata.
NB : seperti tidak pula agar nantinya dipanggil dengan gelar hajji. Kalau tidak ada gelar hajjinya nanti marah ‘ini mahal lho’ harus ada H ya. Dikhawatirkan riya’ atau merusak keikhlasan ibadah hajjinya. Demikian pula setelah menunaikan rukun2 Islam yang lain juga tidak dipanggil dengan rukun tersebut. Panggilan Hajji adalah panggilan memuliakan dan demikian itu kebiasaan yang baik, dan merupakan kecintaan seseorang kepada saudaranya yang menunaikan Hajji.
Perintah Ikhlas dalam ibadah :
﴿وَمَا أُمِرُوا إِلاَّ لِيَعْبُدُوا اللهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ﴾
(البينة: من الآية 5)
(البينة: من الآية 5)
“dan tidaklah mereka diperintahkan selain agar menyembah Allah dengan penuh keikhlasan dalam agama”
(والرجل الذي يحج من أجل أن يقول الناس له "يا حاج"، إنما هو لم يخلص إخلاصًا كاملاً لله عزَّ وجل، وقول الناس "يا حاج" إنما مجرد عادة من العادات لتكريم صاحبها، وليست موجبة، فيجوز أن يُنادى مَن حج البيت باسمه مجرَّدًا عن كلمة "حاج"، وهذا هو الأصل.
Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar