*JANGAN UJUB (6)*
- قال عمر رضي الله عنه: (أخوف ما أخاف عليكم أن تهلكوا فيه ثلاث خلال: شحٌّ مطاع، وهوى متبع، وإعجاب المرء بنفسه) (جامع بيان العلم وفضله: 200)
Umar berkata: "yang paling aku takutkan dari yang aku takutkan menimpa kalian adalah, kalian dibinasakan dengan 3 perkara; dengki yang ditaati, hawa nafsu yang diikuti, dan berbangga pada diri sendiri"
عن كعب أنه قال لرجل رآه تتبع الأحاديث:
اتق الله، وارض بالدون من المجلس، ولا تؤذ أحدًا؛ فإنَّه لو ملأ علمك ما بين السماء والأرض مع العُجْب، ما زادك الله به إلا سفالًا ونقصانًا
Dari Ka’ab, bahwa beliau pernah berkata kepada seseorang yang sibuk mengumpulkan hadits : "Bertakwalah kepada Allāh dan carilah kedudukan yang rendah (tidak mencolok) di dalam majelis, dan janganlah kamu menyakiti seorangpun. Karena sesungguhnya, seandainya ilmumu sepenuh langit dan bumi namun disertai dengan perasaan _ujub_, niscaya Allah tidak akan menambahkan bagimu kecuali kehinaan dan kekurangan." (Riwayat Abu Nu’aim, _Hilyatul Auliyā’_ (V/376) (Ibnu Abdil Barr, _Jāmi’ Bayānil Ilmi wa Fadhlihi: I/567)
قال علي بن أبي طالب؛ ،الإعجاب ضد الصواب وآفة الالباب
Alī bin Abī Thālib radhiyallāhu anhu berkata : "Rasa _ujub_ (bangga dengan diri sendiri) itu adalah lawan dari kebenaran dan penyakit akal sehat". (Ādab ad-Dunya wad Dīn_ al-Māwardī (237).
قالت عائشة رضي الله عنها: (لبست مرة درعًا جديدًا، فجعلت أنظر إليه، وأعجب به، فقال أبو بكر رضي الله عنه: أما علمت أنَّ العبد إذا دخله العجب بزينة الدنيا، مقته ربُّه حتى يفارق تلك الزينة؟ قالت: فنزعته فتصدقت به. فقال أبو بكر رضي الله عنه: عسى ذلك أن يكفِّر عنك)
Aisyah Radhiyallåhu anhâ berkata :
Suatu waktu saya mengenakan mantel baru yang menyebabkan diriku senang memandangnya sehingga aku takjub dengannya. Lantas Abû Bakr Radhiyallåhu 'anhu berkata kepadanya :
Bukankah engkau tahu jikalau seorang hamba telah disusupi perasan _ujub_ terhadap perhiasan dunia, maka Allah menjadi murka padanya hingga ia meninggalkan perhiasannya tersebut.
Lalu Aisyah mengatakan : "Lantas saya pun melepas mantel tersebut dan menyedekahkannya." Kemudian Abu Bakar berkata : "Semoga hal ini bisa menjadi penghapus dosamu".
(Abu Nu’aim, _Hilyatul Auliya: I/37)
قالت عائشة؛ وإنَّ العُجْب لو كان رجلًا كان رجل سوء
Aisyah Radhiyallåhu anhâ juga pernah mengatakan : "Sesungguhnya, apabila rasa ujub itu berbentuk orang, maka akan berupa orang yang jelek / buruk".
(IIbnu Wahb, _Jami’: 570)
قال أبو الدرداء؛ "علامة الجهل ثلاث: العُجْب، وكثرة المنطق فيما لا يعنيه، وأن ينهى عن شيء ويأتيه"
Abū Dardā’ berkata : "Tanda bodoh itu tiga : "Rasa _ujub_ (bangga dengan diri sendiri), banyak bicara hal yang tidak manfaat, melarang sesuatu yang ia sendiri mengerjakannya"' (Ibnu Abdil Barr _Jāmi’ Bayānil Ilmi wa Fadhlihi_ (I/569) (Ibnu Asākir _Tārikh Dimasyqi_ (47/175)
قال مسروق: كفى بالمرء علمًا أن يخشى الله، وكفى بالمرء جهلًا أن يُعجب بعلمه
Dari Masrūq beliau berkata : "Cukuplah seseorang itu dianggap berilmu bila dia takut kepada Allāh. Dan cukuplah seseorang itu bodoh jika dia merasa _ujub_ dengan ilmunya". (Jāmi’ Bayānil Ilmi wa Fadhlihi_ Ibnu Abdil Barr (I/143)
أبو الوهب المروزي: سألت ابن المبارك: ما الكبر؟ قال: أن تزدري الناس. فسألته عن العُجْب؟ قال: أن ترى أن عندك شيئًا ليس عند غيرك، لا أعلم في المصلين شيئًا شرًّا من العُجْب
Abū Wahb al-Marrūzī berkata :
"Aku pernah bertanya kepada Ibnul Mubārak, apakah kesombongan itu? Beliau menjawab, “Meremehkan manusia”. Lalu aku bertanya tentang _ujub_, lantas beliau menjawab, “Kamu melihat ada pada dirimu sesuatu yang tidak dimiliki orang lain. Saya tidak pernah tahu sesuatu yang paling buruk menimpa orang² yang sholat melebihi rasa _ujub_. (Siyar A’lāmin Nubalā’: VIII/407)
قال علي بن ثابت: المال آفته التبذير والنهب، والعلم آفته الإعجاب والغضب
Alī bin Tsābit berkata : "Harta itu, penyakitnya ada pada _tabdzīr_ (membuang² harta) dan sikap tamak. Sedangkan ilmu, penyakitnya ada pada rasa _ujub_ dan mudah marah." (Jāmi’ Bayānil Ilmi waFadhlihi, Ibnu Abdil Barr: I/143)
قال خالد بن يزيد بن معاوية : إذا رأيت الرجل لجوجًا، مماريًا، معجبًا بنفسه، فقد تمت خسارته
Khālid bin Yazīd bin Mu’awiyah berkata :
"Jika aku melihat orang yang suka debat, suka pamer dan _ujub_ dengan dirinya, maka lengkap sudah kerugiannya". (Musāwi al-Akhlāq_ al-Kharā’ithī: 567)
- وكان يحيى بن معاذ يقول: (إِياكم والعُجْب، فإِنَّ العُجْب مهلكة لأهله، وإِنَّ العُجْب ليأكل الحسَنات كما تأكل النَّار الحطب) (أدب الدنيا والدين)
Yahya bin Muadz berkata; "Jauhilah oleh kalian sifat 'ujub, karena sesungguhnya 'ujub itu membinasakan pelakunya, dan sesungguhnya 'ujub itu sungguh memakan kebaikan kebaikan seperti api melahap kayu bakar".
- وكان ذو النون يقول: (أربع خلال لها ثمرة: العجلة، والعُجْب، واللجاجة، والشره، فثمرة العجلة الندامة، وثمرة العُجْب البغض، وثمرة اللجاجة الحيرة، وثمرة الشَّره الفاقة)
Dzun Nun (Tsauban bin Ibrahim) rahimahullahu berkata, “Ada empat perkara buruk yang menghasilkan buah: tergesa-gesa buahnya penyesalan, kagum pada dirinya sendiri buahnya kebencian, keras kepala buahnya: kebingungan, dan rakus buahnya: kemiskinan”.
- وقال عبد الله بن المبارك: (اثنتان منجيتان، واثنتان مهلكتان، فالمنجيتان: النية، والنهي، فالنية؛ أن تنوي أن تطيع الله فيما يستقبل، والنهي؛ أن تنهى نفسك عما حرم الله عزَّ وجلَّ، والمهلكتان: العُجْب، والقنوط) (ﺣﻠﻴﺔ ﺍﻷﻭﻟﻴﺎﺀ، ﻷﺑﻲ ﻧﻌﻴﻢ : 7/298 )
Berkata Abdullah bin Mubarak: "Dua hal yang menyelamatkan dan dua hal yang membinasakan. Dua yang menyelamatkan adalah; niat dan larangan. Niat adalah: engkau berniat untuk senantiasa mentaati Allah, larangan: engkau melarang dirimu sendiri dari melakukan apa yang Allah haramkan. Dua yang membinasakan: berbangga diri ('ujub) dan putus asa".
- وقيل لبعض اهل الحكمة: (ما النعمة التي لا يحسد عليها صاحبها، قال: التواضع، قيل له: فما البلاء الذي لا يرحم عليه صاحبه، قال: العُجْب) (جميع بيان العلم وفضله)
Ahli hikmah ditanya ; "Apa nikmat yang yang pemiliknya tidak di dengki orang?' Dia menjawab: rendah hati (tawadhuk), kemudian ditanya lagi apa malapetaka yang penderitanya tidak dikasihani orang?' Dia menjawab: ujub".
- وقيل: (العُجْب أكذب، ومعرفة الرجل نفسه أصوب) . (الكتاب : التمثيل والمحاضرة: 1/91)
Dikatakan; "Ujub adalah lebih dusta, yaitu seseorang mengakui diri sendiri sebagai yang paling layak".
- وقيل: (ثَمَرَةُ الْعُجْبِ الْمَقْتُ). أي مَنْ أُعْجِبَ بنفسه مَقَته الناسُ. (كتاب مجمع الأمثال: 154)
Dikatakan ; "Buah ujub adalah celaan, yaitu Barang siapa yang 'ujub (berbangga diri), maka manusia banyak yang mencelanya."
- وسئل أنيس بن جندل: (ما أجلب الأشياء للمقت؟ فقال: العُجْب والخرق) وقيل: (إِعْجَابُ الْمَرْءِ بِنَفْسِهِ دَلِيلٌ عَلَى ضَعْفِ عَقْلِهِ " (جامع بيان العلم وفضله)
Anis bin Jandal ditanya : "Apa sesuatu yang paling memperoleh celaan? Maka dia berkata" 'ujub dan sombong. Maka dikatakan: ujub (bangga diri) seseorang pada dirinya sebagai pertanda atas akalnya yang lemah".
قال الفضيل بن عياض -رحمه الله-:
إن استطعت أن لا تكون محدثًا ولا قارئًا ولا متكلمًا. إن كنت بليغًا، قالوا: ما أبلغه، وأحسن حديثه، وأحسن صوته، ليعجبك ذلك فتنتفخ، وإن لم تكن بليغًا ولا حسن الصوت، قالوا: ليس يحسن يحدث، وليس صوته بحسن، أحزنك ذلك وشق عليك فتكون مرائيًا،
وإذا جلست فتكلمت فلم تبال من ذمك ومن مدحك، فتكلم. (سير أعلام النبلاء: 8/109)
Fudzail bin Iyadh berkata: "Jika engkau mampu untuk tidak meriwayatkan hadits membaca dan berbicara meskipun engkau seorang yang pandai bicara!, Mereka berkata: 'Sungguh sangat menyentuh dan sangat bagus hadisnya, dan sungguh indah suaranya, hal itu benar-benar akan membuatmu takjub meskipun kamu bukan seorang yang bagus suaranya. Mereka berkata; 'Dia tidak bagus hadisnya dan tidak pula bagus suara bacaannya, hal itu akan membuatmu sedih dan akan susah maka kamu akan menjadi riyak. Apabila kamu berbicara maka janganlah engkau peduli siapa yang mencelamu ataupun yang memujimu, maka bicaralah!!".
قال سعيد بن إسماعيل –رحمه الله-:
الخوف من الله يوصلك إلى الله والكبر والعجب في نفسك يقطعك عن الله، واحتقار الناس في نفسك مرض لا يداوى. (حلية الأولياء: 10/245)
Said bin Ismail berkata: "Takut kepada Allah menyampaikanmu kepada Allah, sombong dan Ujub dalam dirimu memutuskanmu dari (dekat) dengan Allah. Sikap meremehkanmu terhadap manusia pada dirimu merupakan penyakit yang tidak bisa diobati"
وعن عطاء بن يزيد -رحمه الله -وقد أكثر الناس عليه ! قال:
إنكم أكثرتم في (أرأيت؟ أرأيت؟)! لا تعلموا لغير الله ترجون الثواب من الله؛ ولا يعجبن أحدكم علمه وإن كثر -فإنه لا يبلغ عند عظمة الله [مثل قائمة] من قوائم ذباب. (شعب الإيمان : 2/312)
Atho' bin Yazid berkata di depan manusia yang banyak: "Sesungguhnya kalian yang sering mengatakan bagimana pendapatmu? Tidakkah kalian tahu? Tidakkah engkau mengetahui selain Allah yang kau berharap pahala darinya? Janganlah salah seorang diantara kalian merasa ujub dengan amalnya meskipun banyak!!, Karena hal itu tidak akan melampaui keagungan Allah melainkan seperti tempat hinggap lalat".
وقال مالك بن دينار –رحمه الله-:
إذا طلب العبد العلم ليعمل به كسره!، وإذا طلبه لغير العمل زاده فخرا ! (اقتضاء العلم العمل: ص33).
Malik bin Dinar berkata: "Apabila seorang hamba mencari ilmu untuk diamalkan, maka membuatnya menunduk, dan apabila dia mencari ilmu untuk tidak diamalkan maka menambahnya sombong /'ujub".
وقال عبد الرحمن بن مهدي–رحمه الله-:
كنت أجلس يوم الجمعة في مسجد الجامع فيجلس إلي الناس، فإذا كانوا كثيرا فرحت، وإذا قلوا حزنت، فسألت بشر بن منصور فقال: هذا مجلس سوء، لا تعد إليه، قال: فما عدت إليه (حلية الأولياء: 9/12)
Abdurrahman bin Mahdi berkata: "aku dahulu duduk di hari jumat di masjid jami', maka manusia duduk mengitariku di majelis tersebut, dan jumlahnya sangat banyak, maka akupun takjub ('ujub) berbangga diri pada diriku. Tatkala manusia yang hadir sedikit akupun bersedih. Maka aku tanyakan kepada Bisyru ben Mansur, maka dia berkata: "Ini adalah majelis yang buruk..."
وعن مطرف - رحمه الله - قال :
لأن أبيت نائما وأصبح نادما ، أحب إلي من أن أبيت قائما وأصبح معجبا ! (المجالسة وجواهر العلم: 6/327)
Muthorrif berkata: "Sungguh seandainya aku semalaman tertidur dan di pagi harinya dalam keadaan menyesal, lebih aku cintai daripada aku di malam hari sholat malam namun di pagi harinya aku 'ujub (bangga diri)"
قال ابن السماك لعيسى بن موسى –رحمهما الله-: تواضعك في شرفك أشرف لك من شرفك . وكان يقال : اسمان متضادان بمعنى واحد : التواضع والشرف (أدب الدنيا والدين ص: 239)
Ibnu Samak berkata: "Rendah hatimu dalam melawan anggapan muliamu, lebih mulia untukmu dari sikap ujubmu, dan dikatakan: ada dua nama yang saling berlawanan yaitu; rendah hati (tawadhu') dan 'ujub (merasa mulia)".
وفي ترجمته – رحمه الله - ، أنه قال :
"إني لأدع كثيراً من الكلام مخافة المباهاة."
(الطبقات الكبرى: 5/368 )
Ibnu Samak berkata: "Sungguh aku meninggalkan banyak bicara karena takut pamer".
NB: Karena betapa banyak orang sering banyak bicara, banyak pula orang yang mendengar ucapannya, semua mata memandang ke arahnya, maka hal itu sering menimbulkan rasa ujub (berbangga diri).
وقال عبد الله بن مسعود –رضي الله عنه-:
اثنتان منجيتان , واثنتان مهلكتان , فالمنجيتان: النية والنهى , فالنية أن تنوي أن تطيع الله فيما يستقبل , والنهى أن تنهى نفسك عما حرم الله عز وجل , والمهلكتان: العجب، والقنوط. (حلية الأولياء: 7/298)
Abdullah bin Mas'ud berkata: "Ada dua yang menyelamatkan dan ada dua yang membinasakan, adapun yang menyelamatkan adalah: niat yang ikhlas dan melarang. Adapun niat yang ikhlas yaitu seseorang berniat dalam setiap amalannya untuk taat kepada Allah. Adapun larangan adalah dia melarang dirinya dari sesuatu yang diharamkan Allah. Dua hal yang membinasakan adalah: 'Ujub dan putus asa".
وقيل لداود الطائي –رحمه الله-:
أرأيت رجلا دخل على هؤلاء الأمراء فأمرهم بالمعروف ونهاهم عن المنكر؟ قال: أخاف عليه السوط , قال: إنه يقوى , قال: أخاف عليه السيف , قال: إنه يقوى قال: أخاف عليه الداء الدفين من العجب " (صفة الصفوة: 2/82)
Dawud atTho'i ditanya; "Bagaimana pendapatmu pada seseorang yang masuk mendekati para penguasa? dan dia memerintah kepada para penguasa itu hal yang ma'ruf dan mencegah mereka dari yang mungkar?" AttHoi: menjawab; 'aku takut dia terkena pecut', seorang; 'dia kuat', AtThoi; 'aku takut dia terkena pedang', seseorang; 'dia kuat', AtTho'i: 'aku takut dia terkena ujub yang tersamar".
وقيل لبزرجمهر الحكيم :
ما النعمة التي لا يحسد عليها صاحبها؟ قال: التواضع. قيل له: فما البلاء الذي لا يرحم عليه صاحبه؟ قال: العجب. (جميع ليان العلم وفضله).
Seorang ahli hikmah ditanya; "Apa nikmat yang pemiliknya tidak akan didengki orang? Ahli hikmah berkata: 'Tawadhu' (rendah hati)'. Ditanya lagi; 'Apa malapetaka yang pemiliknya tidak disayang orang?' Dia jawab: "Ujub".
قال ابن عبدوس–رحمه الله-:
كلما توقر العالم وارتفع كان العجب إليه أسرع إلا من عصمه الله بتوفيقه وطرح حب الرياسة عن نفسه. (ادب العالم والمتعلم: 471)
Ibnu 'Abdus berkata: "Setiap kali seorang 'alim kokoh ilmunya dan meningkat ilmunya maka penyakit 'ujub sangat cepat menghinggapinya, kecuali orang² yang dijaga Allah dengan taufiqNya, dan di membuangkan cinta popularitas dari dirinya".
قال عمر –رضي الله عنه-: أخوف ما أخاف عليكم أن تهلكوا فيه ثلاث خلال: شح مطاع، وهوى متبع، وإعجاب المرء بنفسه. (ادب العالم والمتعلم: 471)
Umar berkata: "Yang paling aku takutkan menimpa kalian adalah kalian dibinasakan dengan tiga perkara; dengki yang ditaati, hawa nafsu yang diikuti, dan berbangga pada diri sendiri".
قال مسروق –رحمه الله-: كفى بالمرء علمًا أن يخشى الله، وكفى بالمرء جهلًا أن يعجب بعلمه. (جميع بيان العلم وفضله: 569)
Masruq berkata: "Cukuplah seseorang itu berilmu manakala dia takut kepada Allah, dan cukuplah seseorang itu bodoh tatkala 'ujub dengan ilmunya"
وعن علي -رحمه الله- أنه قال: الإعجاب آفة الألباب. وقالوا: من أعجب برأيه ضل، ومن استغنى بعقله زل، ومن تكبر على الناس ذل، ومن خالط الأندال حقر، ومن جالس العلماء وقر. (كتاب العلم: 502).
Aliy berkata; "Berbangga diri (Ujub) adalah malapetaka orang- orang berakal. Mereka berkata: "barangsiapa yang 'ujub dengan pendapatnya maka sesat, barangsiapa yang merasa cukup dengan akalnya maka tergelincir, siapa sombong kepada manusia maka hina, barangsiapa bercampur gaul dengan orang rendah akhlaknya maka terhina, siapa yang dudk bermajlis dengan ulama' maka kokoh"
قال الفضيل بن عياض –رحمه الله-:
ما من أحد أحب الرياسة إلا حسد، وبغى، وتتبع عيوب الناس، وكره أن يذكر أحد بخير.
Fudzail ibnu iyadh berkata; "Tidaklah seseorang mencintai popularitas kepemimpinan melainkan dengki, sombong, dan mencari-cari aib orang lain, serta dia tidak suka ada orang lain disebut kebaikannya".
قال مالك بن دينار –رحمه الله-:
من تعلم العلم للعمل كسره، ومن تعلمه لغير العمل زاده فخرًا. (جامع بيان العلم وفضله: 1/282)
Malik bin Dinar berkata; "Barangsiapa yang mempelajari ilmu untuk diamalkan maka dia semakin tunduk, dan barangsiapa yang mempelajari ilmu untuk tidak diamalkan, maka hanya menambah kesombongan".
قال السري السقطي –رحمه الله-:
خفيت علي علة ثلاثين سنة وذلك أنا كنا جماعة نبكر إلى الجمعة ولنا أماكن قد عرفت بنا لا نكاد أن نخلو عنها فمات رجل من جيراننا يوم جمعة فأحببت أن أشيع جنازته فشيعتها وأضحيت عن وقتي، ثم جئت أريد الجمعة فلما أن قربت من المسجد قالت لي نفسي: الآن يرونك وقد أضحيت وتخلفت عن وقتك، فشق ذلك علي فقلت لنفسي: أراك مرائية منذ ثلاثين سنة وأنا لا أدري، فتركت ذلك المكان الذي كنت آتيه فجعلت أصلى في أماكن مختلفة لئلا يعرف مكاني هذا أو نحوه (حلية الأولياء: 10/ 125)
Assari Assaqaty berkata ; "Dahulu sejak 30 tahun kami adalah jama'ah yang berusaha segera datang shalat jumat, dan kami punya tempat-tempat yang hampir tidak pernah ditempati orang. Pada suatu hari jum'at tetanggaku wafat, sehingga aku mengurusi jenazahnya sehingga akupun tidak segera pergi sholat jumat. Kemudian aku datang untuk sholat jumat. Ketika sudah hampir sampai masjid, aku berkata pada diriku ; 'Sekarang mereka akan melihatmu bahwa engkau telah mengurusi jenazahnya, akibatnya engkau ketinggalan waktu bersegera datang. Hal ini mengganjal di hatiku, aku pun berkata pada diriku; aku melihat dirimu pamer selama 30 tahun, dan kau tidak menyadarinya, akhirnya aku pindah dari tempat yang biasa kutempati di masjid itu, dan aku sholat di tempat bagian yang lain agar tidak dihafal/ diketahui tempatku".
قال الذهبي - رحمه الله -:
ينبغي للعالمِ أنْ يتكلمَ بنية وحُسن قصدٍ ، فإن أعجبهُ كلامهُ فليصمت ، فإن أعجبه الصمت فلينطق ،و لا يفتر عن محاسبةِ نفسهِ فإنها تحبُ الظهورَ و الثناء (سير أعلام النبلاء : 4/494)
Berkata az-Dzahabi; "Hendaknya seorang alim ketika berbicara didasari dengan niat yang ikhlas dan tujuan yang baik. Manakala dia takjub ('ujub) dengan ucapannya hendaknya dia langsung diam, dan apabila ketika diam dia takjub dengan diamnya maka hendaknya dia bicara. Hendaknya dia tidak jemu untuk selalu intropeksi diri jikalau² dia suka untuk popularitas ataupun pujian"
قال عبد الرحمن بن زيد بن أسلم -رحمه الله-: كان أبي يقول: ; أي بني وكيف تعجبك نفسك وأنت لا تشاء أن ترى من عباد الله من هو خير منك إلا رأيته يا بني لا ترى أنك خير من أحد يقول: لا إله إلا الله حتى تدخل الجنة ويدخل النار، فإذا دخلت الجنة ودخل النار تبين لك أنك خير منه; (حلية الأولياء: 3/222)
Perkataan Abdurrahman bin Zaid: Ayahku mengatakan; "wahai anakku.... bagaimana bisa kamu takjub (berbangga) pada dirimu sendiri padahal kamu menghendaki ingin melihat dari hamba-hamba Allah yang lebih baik darimu melainkan engkau melihatnya. Wahai anakku janganlah kamu menganggap bahwa kamu lebih baik dari seseorang yang mengatakan Laa ilaaha illallah, sampai engkau masuk ke dalam surga dan dia masuk neraka. Maka *apabila kamu masuk surga dan dia masuk neraka, barulah jelas bahwa engkau lebih baik darinya"* .
قال إبراهيم بن أدهم –رحمه الله-:
على القلب ثلاثة أغطية الفرح والحزن والسرور فإذا فرحت بالموجود فأنت حريص والحريص محروم وإذا حزنت على المفقود فأنت ساخط والساخط معذب وإذا سررت بالمدح فأنت معجب والعجب يحبط العمل. ودليل ذلك كله قوله تعالى: {لكى لا تأسوا على ما فاتكم ولا تفرحو بما آتاكم. (حلية الأولياء: 8/34)
Ibrahim bin Adham berkata: ,"Di dalam hati ada tiga pilar: rasa tangga, rasa senang dan rasa sedih. Apabila engkau bangga dengan apa yang ada maka engkau itu tergolong tamak, dan tama' adalah hal yang dilarang. Dan apabila engkau bersedih dengan sesuatu yang luput darimu maka engkau marah, dan orang yang marah itu tersiksa. Dan apabila engkau senang dengan pujian maka engkau berbangga diri ('ujub) dan ujub itu menghapus amal kebaikan. Dalilnya adalah surah alHadid: "(agar supaya kalian tidak berputus asa dari nikmat yang lepas darimu, dan agar engkau tidak berbangga dengan apa yang Allah berikan kepadamu.)"
قال ابن قدامة المقدسي -رحمه الله-:
اعلم أنه لا يتكبر إلا من استعظم نفسه ، ولا يستعظمها إلا وهو يعتقد لها صفة من صفات الكمال ، وجماع ذلك يرجع إلى كمال ديني أو دنيوي ، فالديني هو العلم والعمل ، والدنيوي هو النسب والجمال والقوة والمال وكثرة الأنصار. (احياء علوم الدين: 337)
Ibnu Qudamah alMaqdisi berkata; "Ketahuilah bahwasanya tidaklah seseorang takabur (sombong) melainkankan karena dia menganggap agung dirinya, dan tidaklah dia menganggap agung dirinya melainkan dia meyakini dirinya punya sifat-sifat kesempurnaan. Dan yang menghimpun hal itu adalah pada kesempurnaan agama dan dunia. Adapun kesempurnaan agama adalah: ilmu dan amal. Sementara kesempurnaan dunia adalah: nasab, ketampanan, kekuatan, harta, dan banyaknya pengikut /penolong".
-----
Semoga bermanfaat. Amiin.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar