'
*Di antara perkataan Imam Fudzail Ibnu 'Iyadh* ;
الخوف أفضل من الرجاء . ما كان العبد صحيحا فإذا نزل به الموت ، فالرجاء أفضل من الخوف.
Khouf rasa takut) lebih utama daripada roja' (rasa harap) selama (orang tsb) sehat, dan manakala menjelang kematian maka roja' lebih utama daripada khouf"
رهبة المرء من الله تعالى على قدر علمه بالله تعالى.
Kerahiban seseorang di sisi Allah, sebagaimana seberapa pengenalan dia kepada Allah.
العجب كل العجب لمن عرف الله ثم عصاه بعد المعرفة.
Yang paling mengherankan dari yang mengherankan adalah orang yang sudah mengenal Allah, kemudian dia maksiyatiNya padahal telah mengenaliNya.
خصلتان تقسِّيان القلب: كثرةُ الكلام، وكثرةُ الأكل.
Dua hal yang mengeraskan hati ; banyak bicara dan banyak makan.
ذكر الناس داء، وذكر الله شفاء.
Mengingati manusia itu penyakit, dan mengingati Allah adalah obat.
كلام المؤمن حكم، وصمته تفكر، ونظره عبرة، وعمله بر، وإذا كنت كذا لم تزل في عبادة.
Berkatanya seorang mukmin adalah hikmah, diamnya adalah tafakur, pandangan matanya adalah ibrah (:mengambil pelajaran), berbuatnya adalah kebajikan. Dan manakala kamu selalu seperti ini niscaya kamu selalu dinilai ibadah.
أُنزل القرآن ليُعْمَلَ به، فاتخذ الناس تلاوته عملاً «اقتضاء العلم العمل.
AlQuran diturunkan agar diamalkan, maka manusia menjadikan bacaannya sebagai amalan >> dan konsekuensi ilmu adalah amal.
ينبغي لحامل القرآن أن لا يكون له إلى أحد حاجة ولا إلى الخلفاء فمن دونهم فينبغي أن تكون حوائج الخلق إليه.
Hendaknya bagi ahli AlQuran / pembelajar alQuran tidak menjadi peminta- minta yang berhajat terhadap penguasa. Maka apalagi kepada selain penguasa. Dan hendaknya dia menjadi orang yang makhluk² berhajat kepadanya.
خمس من علامات الشقوة : القسوة في القلب ، وجمود العين ، وقلة الحياء ، والرغبة في الدنيا ، وطول الأمل.
Lima tanda kesengsaraan; kerasnya hati, bekunya mata (tidak pernah menangis karena Allah), sedikitnya rasa malu, ambisius terhadap dunia, panjang angan².
لو كان لي دعوة مجابة لدعوتها للسلطان لأن بصلاحه تصلح الرعية.
Andaikan aku memiliki satu doa yang sangat mustajab, niscaya aku berdoa untuk penguasa. Karena jika penguasa itu baik, niscaya rakyatnya menjadi baik.
لو كان مع علمائنا صبر ما غدوا لأبواب هؤلاء، يعني الملوك.
Andaikan kesabaran itu menyertai para ulama' kita, niscaya mereka tidak suka menghampiri pintu² mereka (penguasa).
NB: seperti minta² proyek, menjual fatwa, ataupun menukar agama demi dunia.
الغناء رقية الزنا.
Musik itu mantera zina. (Yaitu: bisa mengantar zina)
المؤمن يستر وينصح والفاجر يهتك ويعير.
Seorang mukmin (yang baik) itu menutup (kejelekan saudaranya) dan memberi nasehat, sedangkan seorang fajir menyingkap dan mencelanya"
ما من أحد أحب الرياسة إلا حسد، وبغى، وتتبع عيوب الناس، وكره أن يذكر أحد بخير.
Tiada seseorang pun yang berambisi kekuasaan melainkan tertimpa hasad, tertimpa kesombongan, mencari² aib orang, dan tidsk suka orang lain disebut² kebaikannya.
من خاف الله دله الخوف على كل خير.
Barangsiapa yang takut kepada Allah, niscaya rasa takutnya (khouf) menunjuki dia kepada setiap kebaikan.
وجدت في بعض الكتب: إذا عصاني من عرفني سلطت عليه من لا يعرفني.
Aku telah mendapati di sebagian kitab; apabila orang yang telah mengenalku mengkhianatiku, niscaya dia pasti bergaul dengan orang yang dia tidak mengenalku.
سئل الفضيل بن عياض عن التواضع فقال : يخضع للحق، وينقاد له ويقبله ممن قاله.
Fudzail ditanya tentang apa itu tawadhu' (rendah hati)?. Maka dia menjawab: (yaitu) tunduk kepada kebenaran, mengikuti kebenaran (alHaq), dan menerimanya dari orang yang menyampaikannya.
من استحوذت عليه الشهوات انقطعت عنه مواد التوفيق.
Barangsiapa yang telah dikuasai oleh syahwat, niscaya dia telah terputus dari materi taufiq (:mengikuti kebenaran).
إني لأستحي من ربي أن أحزن لرزقي بعد رضائه.
Sungguh saya sangat malu kepada Tuhanku jika aku bersedih tentang perkara rejeki, setelah keridhoanNya.
لا يزال العالم جاهلا بما علم، حتى يعمل به، فإذا عمل به، كان عالماً.
Tidak henti² nya seorang yang berilmu itu tetap saja bodoh dengan ilmu (yang dimilikinya), sampai dia mengamalkan ilmunya. Apabila dia mengamalkan ilmunya maka dia itu 'alim.
NB:
- Seorang itu tetap saja dianggap bodoh, selama dia tidak mengamalkan ilmunya. Sebab untuk apa ilmu yang terus dia pelajari kalau tidak dia amalkan.
- Seseorang itu tetap saja dikategorikan bahlul, alias bodohnya gak selesai- selesai selama dia tidak pernah mengamalkan ilmu.
- Kita memohon taufiq kepada Allah, semoga kita dikaruniai kemampuan mengamalkan ilmu. Agar tidak seperti keledai yang mengangkut buku² ilmu yang dia sendiri tidak pernah memahami apa yang dia bawa.
الاستغفار بلا إقلاع توبة الكذَّابين.
أضف للمفضلة نسخ النص تصميم دعوي
Istighfar (memohon ampunan dosa) tanpa berhenti dari dosa merupakan taubatnya para pendusta.
إنما يهابك الخلق على قدر هيبتك لله.
Sesungguhnya seberapa makhluk² menghormatimu seukuran seberapa besar penghormatan mu terhadap Allah.
إنما يريد الله عز وجل منك نيتك وإرادتك.
Sesungguhnya Allah menghendaki dan menilai darimu; apa yang kamu niatkan dan apa yang kamu inginkan.
( من عرف الناس استراح ) يريد – والله أعلم – أنهم لا ينفعون ولا يضرون.
Barangsiapa yang mengenal (hakekat) manusia, niscaya dia rehat santai. Sebab dia tahu bahwa sebenarnya semua manusia itu tidak bisa memberi manfaat, tidak (pula) memberi mudharat.
من طلب أخا بلا عيب، بقي بلا أخ.
Barangsiapa yang mencari saudara tanpa aib, niscaya dia akan sendirian tanpa saudara.
- karena tidak ada manusia yang tidak punya kekurangan. Semuanya pasti punya. Maka hendaknya bersabar dengan berbagai model perangai manusia. Karena memang semua manusia itu tidak sempurna.
ما رأيت أحدا عظم الدنيا فقرت عينه فيها ولا انتفع بها وما حقرها أحد إلا تمتع بها.
Aku tidak pernah melihat.seseorang yang mengagungkan dunia yang bisa sejuk pandangan matanya, dan tidak pula memberi manfaat dengan dunianya. Dan tidaklah seseorang merendahkan dunia melainkan dia bisa senang dengannya.
أن رجلاً سأله فقال: يا أبا علي متى يبلغ الرجل غايته من حب الله تعالى؟ فقال له الفضيل: إذا كان عطاؤه ومنعه إياك عندك سواء، فقد بلغت الغاية من حبه.
Ada seseorang bertanya : wahai Abu Ali, kapan seseorang itu mencapai puncak kecintaan kepada Allah? Maka Fudzail berkata: apabila pemberianNya ataupun Dia tidak memberinya kepadamu itu sama saja bagimu. (Karena kamu sudah ridho dengan segala keputusanNya). Kalau.sudah seperti itu maka kamu telah mencapai puncak cintaNya.
لم يتزين الناس بشيء أفضل من الصدق وطلب الحلال.
Tidaklah manusia berhias dengan sesuatu yang lebih mulia.selain dari kejujuran dan mencari yang halal.
المؤمن يغبط ولا يحسد، والغبطة من الإيمان، والحسد من النفاق.
Seorang mukmin itu memiliki GHIBTAH, dan tidak HASAD. karena GHIBTAH itu dari iman, sementara hasad itu dari kemunafikan.
PERBEDAAN GHIBTAH DAN HASAD.
GHIBTAH itu: keinginan seseorang terhadap apa yang dimiliki saudaranya dari perkara² ibadah /akherat. Seperti contoh;
- ada sahabatnya bisa tahajjut tiap malam, maka dia ingin juga bisa seperti itu.
- ada orang bisa infaq tiap hari, maka diapun bergumam 'kapaaaan yaa aku bisa seperti itu'.
- ada orang akhlaknya baiiik banget, maka dia pun ingin juga seperti itu.
Adapun HASAD itu sifat tercela alntaran kepinginan terhadap harta dunia. Contohnya;
- ada tetangga beli mobil, dia iri, diapun langsung masuk angin.
- dengar ada teman sukses, langsung pingsan. Dst.
من أحب أن يُذكر لم يذكر، ومن كره أن يُذكر ذُكر.
Barangsiapa siapa yang ingin disebut² maka dia tidak disebut. Dan barangsiapa yang tidak ingin disebut maka dia disebut.
احفظ لسانك وأقبل على شأنك، وعارف زمانك، واخف مكانك.
Jagalah lisanmu- urusilah urusan² mu, dan kenalilah kondisi zamanmu, dan takutlah akan kedudukanmu.
من خاف الله لم يضره أحد، ومن خاف غير الله لم ينفعه أحد.
Barangsiapa yang takut kepada Allah, niscaya seseorang pun tidak kuasa memberinya mudharat. Dan barangsiapa yang takut kepada selain Allah, niscaya seorang pun tidak memberinya manfaat.
والله ما يحل لك أن تؤذي كلباً ولا خنزيراً بغير حق، فكيف تؤذي مسلما ؟
Demi Allah. Tidak halal bagimu mencela anjing dan juga babi tanpa alasan yang haq, maka bagaimana lagi mencela seorang muslim.
حرام على قلوبكم أن تصيب حلاوة الإيمان حتى تزهدوا في الدنيا.
Hati kalian terhalang mendapatkan manisnya iman, sampai engkau zuhud terhadap dunia.
بقدر ما يصغر الذنب عندك يعظم عند الله، وبقدر ما يعظم عندك يصغر عند الله.
Seberapa pandanganmu menganggap kecil suatu dosa maka semakin besar di sisi Allah. Seberapa pandanganmu menganggap Besar suatu dosa maka semakin kecil di sisi Allah.
إذا لم تقدر على قيام الليل وصيام النهار، فاعلم أنك محروم كبلتك خطيئتك.
Jika kalian belum mampu untuk sholat di malam hari, dan berpuasa di siang hari, maka ketahuilah bahwa kalian itu telah dikuasai dosa- dosamu.
من ساء خلقه شان دينه وحسبه ومروءته.
Barangsiapa yang buruk akhlaknya, maka buruk pula agamanya, kedudukannya dan kehormatannya.
من عمل بما علم استغنى عما لا يعلم، ومن عمل بما علم وفقه الله لما لا يعلم.
Barangsiapa mengamalkan apa yang dia keta maka telah cukup dari apa yang tidak dia ketahui. Dan barangsiapa mengamalkan apa yang dia ketahui maka Allah akan memberinya taufiq ubtuk apa yang dia belum ketahui.
رهبة العبد من الله على قدر علمه بالله، وزهادته في الدنيا على قدر رغبته في الآخرة.
Mutu peribadahan seorang hamba di sisi Allah tergantung seberapa kadar dia mengenal Allah, dan kezuhudannya terhadap dunia seukuran seberapa cita²nya kepada akhirat.
Maroji' :
- (سير اعلام النبلاء: ٨/٤٣٥)
- (تاريخ مدينة دمشق - عيسى بن المساور : 413)
Semoga bermanfaat. Amiin.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar