

من علامة الإيمان : اشداء على الكفار، رحماء بين المؤمنين


ﻭَﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻣَﻌَﻪُ ﺃَﺷِﺪَّﺍﺀُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻜُﻔَّﺎﺭِ ﺭُﺣَﻤَﺎﺀُ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻢْ ۖ ﺗَﺮَﺍﻫُﻢْ ﺭُﻛَّﻌًﺎ ﺳُﺠَّﺪًﺍ ﻳَﺒْﺘَﻐُﻮﻥَ ﻓَﻀْﻠًﺎ ﻣِّﻦَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭَﺭِﺿْﻮَﺍﻧًﺎ
"Dan orang-orang yang bersamanya tegas kepada orang² kafir dan berkasih sayang sesama mereka (orang² beriman). Kamu melihat mereka banyak ruku', sujud, dan mencari karunia dan keridhoan dari Allah" (QS. Al-Fatah : 29)







؛
- penista alQuran justru disanjung2, didukung, dibela² untuk dijadikan pemimpin.
- bersikap cengéngésan (ketawa-ketawa) dengan orang kafir, bercanda ria, bergandengan tangan, berpeluk mesra, makan minum bersulang penuh keakraban, disambut hangat dengan sholawat, digelari 'sunan' yang mulia, dipersilahkan masuk masjid dan berceramah, bahkan dicari-carikan 'dalil' demi menjilat orang kafir.
ﺍﻟﻤﻨﺎﻓﻖ ﻫﻮ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﻀﻤﺮ ﺍﻟﻜﻔﺮ ﺍﻋﺘﻘﺎﺩﺍ ، ﻭﻳﻈﻬﺮ ﺍﻹﻳﻤﺎﻥ ﻗﻮﻻ" (ﺍﻟﺘﻌﺮﻳﻔﺎﺕ ﺹ. 298)


ﻭﻣﻦ ﺃﻧﻮﺍﻉ ﺍﻟﻨﻔﺎﻕ ﺍﻟﻜﺜﻴﺮﺓ :
1 ﺗﻜﺬﻳﺐ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ، ﺃﻭ ﺗﻜﺬﻳﺐ ﺑﻌﺾ ﻣﺎ ﺟﺎﺀ ﺑﻪ .
-2 ﺑﻐﺾ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ، ﺃﻭ ﺑﻐﺾ ﻣﺎ ﺟﺎﺀ ﺑﻪ .
-3 ﺍﻟﻤﺴﺮّﺓ ﺑﺎﻧﺨﻔﺎﺽ ﺩﻳﻦ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ، ﺃﻭ ﺍﻟﻜﺮﺍﻫﻴﺔ ﺑﺎﻧﺘﺼﺎﺭ ﺩﻳﻦ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ .
-4 ﻋﺪﻡ ﺍﻋﺘﻘﺎﺩ ﻭﺟﻮﺏ ﺗﺼﺪﻳﻘﻪ ﻓﻴﻤﺎ ﺃﺧﺒﺮ .
-5 ﻋﺪﻡ ﺍﻋﺘﻘﺎﺩ ﻭﺟﻮﺏ ﻃﺎﻋﺘﻪ ﻓﻴﻤﺎ ﺃﻣﺮ .
ﻭﺑﺎﻟﻨﻈﺮ ﺇﻟﻰ ﺍﻵﻳﺎﺕ ﺍﻟﺘﻲ ﺫﻛﺮﺕ ﺃﺣﻮﺍﻝ ﺍﻟﻤﻨﺎﻓﻘﻴﻦ ، ﻭﻛﻼﻡ ﺍﻟﻤﻔﺴﺮﻳﻦ ﺣﻮﻟﻬﺎ ، ﻳﻤﻜﻦ ﺃﻥ ﻳﻀﺎﻑ ﺇﻟﻰ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺼﻔﺎﺕ ﺻﻔﺎﺕ ﺃﺧﺮﻯ ﻭﻫﻲ :
-6 ﺃﺫﻯ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺃﻭ ﻋﻴﺒﻪ ﻭﻟﻤﺰﻩ .
-7 *ﻣﻈﺎﻫﺮﺓ ﺍﻟﻜﺎﻓﺮﻳﻦ ﻭﻣﻨﺎﺻﺮﺗﻬﻢ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺆﻣﻨﻴﻦ*.
-8 ﺍﻻﺳﺘﻬﺰﺍﺀ ﻭﺍﻟﺴﺨﺮﻳﺔ ﺑﺎﻟﻤﺆﻣﻨﻴﻦ ﻷﺟﻞ ﺇﻳﻤﺎﻧﻬﻢ ﻭﻃﺎﻋﺘﻬﻢ ﻟﻠﻪ ﻭﻟﺮﺳﻮﻟﻪ .
-9 ﺍﻟﺘﻮﻟﻲ ﻭﺍﻹﻋﺮﺍﺽ ﻋﻦ ﺣﻜﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺣﻜﻢ ﺭﺳﻮﻟﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ .
ﻓﺎﻟﻮﻗﻮﻉ ﻓﻲ ﺃﻱ ﺻﻔﺔ ﻣﻦ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺼﻔﺎﺕ ﻳﺨﺮﺝ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﻠﺔ. (ﺍﻟﻤﻮﺳﻮﻋﺔ ﺍﻟﻌﻘﺪﻳﺔ
/ ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ ﺍلتوحيد : ﻧﻮﺍﻗﺾ ﺍﻹﻳﻤﺎﻥ, ص. ٧٦)
Jenis-jenis kemunafikan :













ﺑَﺸِّﺮِ ﺍﻟْﻤُﻨَﺎﻓِﻘِﻴﻦَ ﺑِﺄَﻥَّ ﻟَﻬُﻢْ ﻋَﺬَﺍﺑًﺎ ﺃَﻟِﻴﻤًﺎ
"Beritakan kepada orang² munafiq bahwa bagi mereka azab yang pedih" (QS. Annisa' : 138)

ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻳَﺘَّﺨِﺬُﻭﻥَ ﺍﻟْﻜَﺎﻓِﺮِﻳﻦَ ﺃَﻭْﻟِﻴَﺎﺀَ ﻣِﻦ ﺩُﻭﻥِ ﺍﻟْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴﻦَ ۚ ﺃَﻳَﺒْﺘَﻐُﻮﻥَ ﻋِﻨﺪَﻫُﻢُ ﺍﻟْﻌِﺰَّﺓَ ﻓَﺈِﻥَّ ﺍﻟْﻌِﺰَّﺓَ ﻟِﻠَّﻪِ ﺟَﻤِﻴﻌًﺎ ( 139)
"Orang² yang menjadikan orang² kafir sebagai pemimpin selain dari orang beriman. Apakah mereka (munafiqin) mencari kehebatan di sisi mereka (kafirin) padahal sesungguhnya kehebatan seluruhnya milik Allah" (QS. Annisa' : 139)

Semoga bermanfaat. Amiin.
✍

ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢ :
ﻭﺣﺴﺒﻚ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﺍﻷﺻﻮﻝ ﻭﺍﻟﻘﻮﺍﻋﺪ ﺍﻟﺘﻲ ﻳﺴﻴﺮ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺍﻟﻌﺒﺪ ﻓﻲ ﺣﻴﺎﺗﻪ :
ﺇﻥ ﺃﺭﺩﺕ ﺃﻥ ﺗﻨﻈﺮ ﻓﻲ ﺳﻴﺮ ﺍﻻﻗﻮﺍﻡ ﺍﻟﺴﺎﻟﻔﻴﻦ : ﺗﺠﺪﻩ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺏ ﺍﻟﻠﻪ
ﻭﺇﻥ ﺃﺭﺩﺕ ﺃﻥ ﺗﻨﻈﺮ ﻓﻲ ﺍﻟﺴﺎﻟﻔﻴﻦ ﺍﻟﻤﺆﻣﻨﻴﻦ ﺍﻟﻤﻨﺼﻮﺭﻳﻦ : ﺗﺠﺪﻩ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺏ ﺍﻟﻠﻪ .
ﻭﺇﺫﺍ ﺃﺭﺩﺕ ﺃﻥ ﺗﻜﻮﻥ ﻣﻮﺳﻮﻋﺔ ﻋﻈﻴﻤﺔ ﻓﻲ ﺍﻹﻗﺘﺼﺎﺩ : ﻓﻌﻠﻴﻚ ﺑﻜﺘﺎﺏ ﺍﻟﻠﻪ .
ﻭﺇﺫﺍ ﺃﺭﺩﺕ ﺃﻥ ﺗﻜﻮﻥ ﻋﺎﻟﻤﺎ ﻭﻗﺎﺿﻴﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﻨﺎﻳﺎﺕ : ﻓﻔﻲ ﻛﺘﺎﺏ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺘﻔﺼﻴﻞ .
ﺇﺫﺍ ﺃﺭﺩﺕ بركة حياتك ﻓﻌﻠﻴﻚ ﺑﺎﻟﻘﺮﺍﻥ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢ .
AlQuran yang Agung :
Dan Cukuplah bagimu dengan alQurân ini menjadi prinsip² dan pedoman hidup yang mendasar yang seorang hamba untuk berjalan di atasnya:
Jika kamu ingin melihat perjalan kisah orang-orang dahulu, kalian akan mendapatinya pada kitab Allah ini.
Jika kamu ingin melihat kisah orang-orang beriman yang mendapatkan pertolongan dahulu, maka kalian mendapatinya pada kitab Allah ini.
Jika kamu ingin mendapatkan kelapangan ekonomi dan rejeki maka kalian mendapatinya pada kitab Allah ini.
Jika kamu ingin menjadi 'alim mampu memutuskan perkara maka kalian mendapati rinciannya pada kitab ini.
Jika kalian ingin memperoleh keberkahan hidup maka harus dengan alQuran.
ﻟﻤﺎ ﺗﺎﺏ ﺳﺤﺮﺓ ﻓﺮﻋﻮﻥ ﻭﺁﻣﻨﻮﺍ ﺑﺮﺑﻬﻢ ؛ ﻗﺒِﻞ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻮﺑﺘﻬﻢ ، ﻭﺭﻓﻊ ﺩﺭﺟﺘﻬﻢ ، ﻭﺃﺻﺒﺤﻮﺍ ﻣﻦ ﺃﺗﺒﺎﻉ ﻣﻮﺳﻰ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺴﻼﻡ .
ﻓﺎﺳﻠﻚ ﺳﺒﻴﻞ ﺍﻟﺘﺎﺋﺒﻴﻦ ، ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻭﻃﺮﻳﻖ ﺍﻟﺒﺎﺋﺴﻴﻦ
Tatkala para penyihir Firaun bertobat dan neriman kepada robb mereka, maka Allah menerima taubat mereka dan mengangkat derajatnya. Maka kemudian mereka menjadi pengikut Musa. Ikutilah jalan orang-orang yang bertaubat. Jangan ikuti jalan orang2 yang berputus asa.
ﻟﻠﺨﻄﺎﻳﺎ ﺗﺄﺛﻴﺮﺍﺕ ﻗﺒﻴﺤﺔ ﺇﻥ ﺃﺳﺮﻋﺖ ، ﻭﺇﻥ ﺍﺟﺘﻤﻌﺖ ﺁﺫﺕ؛ ﻓﺸﺮﺍﺭﺓٌ ﺭﺑﻤﺎ ﺃﺣﺮﻗﺖ ﺑﻠﺪﺍً ، ﻭﺍﻟﺨﻄﺎﻳﺎ ﻣﻄﻮﻗﺔ ﻓﻲ ﺃﻋﻨﺎﻕ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ ، ﻭﺍﻟﻬﻼﻙ ﻓﻲ ﺍﻹﺻﺮﺍﺭ ﻋﻠﻴﻬﺎ .
Dosa-dosa itu mempunyai pengaruh yang buruk, bisa bisa cepat, dan jika terus bertumpuk akan berpengaruh sangat buruk, bisa jadi menyebabkan terbalarnya suatu negeri, membungkukkan punggung laki-laki, dan kebinasaan jika dosa itu terus menerus.
اشرف العلم بشرف المعلوم، وأشرف العلم علم بالله ومحبته
*Kemulian suatu ilmu berdasarkan obyek yang dipelajari, dan semulia² ilmu adalah ilmu mempelajari mengenal Allah dan mencintainya*
ﺍﻟﻌﻠﻢ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﻳﻨﻔﻌﻚ ﻗﻠﻴﻞ ﺍﻟﻌﻤﻞ ﻭ ﻛﺜﻴﺮﻩ ، ﻭﻣﻊ ﺍﻟﺠﻬﻞ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﻻ ﻳﻨﻔﻌﻚ ﻗﻠﻴﻞ ﺍﻟﻌﻤﻞ ﻭﻻ ﻛﺜﻴﺮﻩ
"Dengan Ilmu mengenal Allah akan tetap memberimu manfaat baik dengan amalmu yang sedikit maupun banyak. Namun kejahilan (ketidaktahuan) kepada Allah, amal yang sedikit ataupun banyak tidak akan memberimu manfaat"
ﻣﻦ ﻋﻤِﻞَ ﻃﺎﻋﺔً ﻓﻌﻼﻣﺔُ ﻗﺒﻮﻟﻬﺎ ﺃﻥ ﻳﺼِﻠﻬﺎ ﺑﻄﺎﻋﺔٍ ﺃﺧﺮﻯ ، ﻭﻋﻼﻣﺔُ ﺭﺩِّﻫﺎ ﺃﻥ ﻳُﻌﻘِﺐَ ﺗﻠﻚ ﺍﻟﻄﺎﻋﺔَ ﺑﻤﻌﺼﻴﺔ
Barangsiapa yang melakulan ketaatan maka pertanda diterimanya berupa diiringi ketaatan² lainnya. Dan tanda tertolaknya berupa selalu diiringi maksiyat2 setelah melakukan ketaatan.
ﺃﺣﺴِﻦ ﺍﻟﻈﻦَّ ﺑﺮﺑﻚ ، ﻭﺍﻧﺘﻈﺮ ﻓﺘﺢَ ﺃﺑﻮﺍﺏ ﺍﻟﺮّﺯﻕ ﻟﻚ ، ﻭﻻ ﺗﻌﺠﻞ ﻓﻲ ﺗﻔﺮﻳﺞ ﺍﻟﻜﺮﺏِ ، ﻭﻻﺯﻡ ﺍﻟﺼﺒﺮَ ﻓﻘﺪ ﻳﻜﻮﻥ ﺍﻟﺮﺏّ ﻣﺪَّﺧِﺮًﺍ ﻟﻚ ﺧﻴﺮًﺍ ﻓﻲ ﺃﺧﺮَﺍﻙ .
Berbaik sangkalah kalian kepada Robb mu, besabarlah menunggu dibukakannya pintu2 rejekimu, jangan terburu3 ingin segera dihilangkannya kegala kequlitan. Tetaplah terus untuk bersabar. Bisa jadi do'amu disimpan oleh Robbmu di akherat kelak yang itu lebih baik bagimu.
ﻳﺰﻳﻦ ﺍﻟﺸﻴﻄﺎﻥ ﻟﻺﻧﺴﺎﻥ ﺍﻟﻤﻌﺼﻴﺔ ﻭﻳﻨﺴﺒﻪ ﺍﻟﻌﻘﻮﺑﺔ ، ﻭﻳُﻠﻮِّﺡ ﻟﻪ ﺑﺴﻌﺔ ﺍﻟﺮﺣﻤﺔ ؛ ﻟﻴﻮﻗﻌﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﺬﻧﺐ ﻣﺮﺓ ﺑﻌﺪ ﺃﺧﺮﻯ ، ﻓﻴﻀﻌﻒ ﺳﻴﺮﻩ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺍﻟﺪﺍﺭ ﺍﻵﺧﺮﺓ .
Setan menjadikan indah perbuatan maksiyat dan dia membuat lupa hukuman (dari sebab dosa) dan menipu dengan luasnya rahmat; agar menjebak terus menerus di kubangan dosa lagi dan lagi. Ajhirnya menyebabkan lemahnya usaha untuk bertobat dan menuju negeri akhirat.
ﻓﻲ ﻣﺮﺍﺣﻞ ﺍﻟﻌﻤﺮ ﻭﺗﻘﻠﺒﺎﺕ ﺍﻷﻳﺎﻡ
ﻭﻗﻔﺎﺕ ﻳﺤﺎﺳﺐ ﻓﻴﻬﺎ العبد ﻧﻔﺴﻪ
ﻓﻴﺴﺘﺜﻘﻞ ﺫﻧﺒﻪ ، ﻭﻳﺴﺘﻐﻔﺮ ﺭﺑﻪ ، ﻭﻳﺮﺍﺟﻊ ﺃﻋﻤﺎﻟﻪ ؛ ﻓﻤﻦ ﺍﻟﺨﻴﺮ ﻳﺰﺩﺍﺩ ، ﻭﻋﻦ ﺍﻟﺘﻘﺼﻴﺮ ﻳﻘﻠﻊ. ﻭﻻ ﻳﺰﺍﻝ ﺍﻟﻌﺒﺪ ﻋﻠﻰ ﻫﺪﻯ
ﻣﺎﻛﺎﻥ ﻟﻪ ﻭﺍﻋﻆ ﻣﻦ ﻧﻔﺴﻪ
ﻭﻛﺎﻧﺖ ﺍﻟﻤﺤﺎﺳﺒﺔ ﻣﻦ ﻫﻤﺘﻪ
Dalam tahapan usia dan perguliran hari-hari. Sudah sepantasnya seorang hamba senantiasa muhasabah (intropeksi) diri ; dia menganggap telah berat dosa-dosanya, maka dia memohon ampun kepada robbnya, memperbaiki amalannya, jika dalam kebaikan dia pertahankan atau dia tambah, jika kurang dia tambal. Seorang hamba akan senantoasa dalam petunjuk jika : dia selalu menasehati dirinya, dan intropeksi (muhasabah) selalu jadi visinya.
ﺍﻟﻘﻠﺐ ﺇﺫﺍ ﺃﻇﻠﻢ ﺑﻜﺜﺮﺓ ﺍﻟﻤﻌﺎﺻﻲ ﺛﻘﻞ ﻋﻠﻴﻪ ﺃﺩﺍﺀ ﺍﻟﻤﻌﺮﻭﻑ ، ﻭﺳﻬﻞ ﻋﻠﻴﻪ ﻗﺒﻮﻝ ﺍﻟﻤﻨﻜﺮ
Hati jika semakin gelap dengan banyaknya dosa, terasa berat untuk menunaikan kebaikan, gampang menerima kemungkaran
ﺍﻟﻔﺮﺍﺭ ﻣﻦ ﺍﻟﺸﻘﺎﺀ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺴﻌﺎﺩﺓ ﻳﻜﻮﻥ ﺑﺎﻟﺘﻮﺑﺔ ﻭﺍﻹﻧﺎﺑﺔ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ . ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﻘﻴﻢ - ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ :-( ﻭﻳﻐﻠﻖ ﺑﺎﺏ ﺍﻟﺸﺮﻭﺭ ﺑﺎﻟﺘﻮﺑﺔ ﻭﺍﻻﺳﺘﻐﻔﺎﺭ ) .
Melarikan diri dari kesengsaraan kepada kebahagiaan adalah dengan bertobat dan kembali kepada Allah. ibnul Qoyim berkata : 'pintu keburukan ditutup dengan bertaubat dan istighfar'
Semoga bermanfaat. Amiin.
✍ ﻓﻀﻴﻠﺔ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺩ . ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻤﺤﺴﻦ ﺑﻦ ﻣﺤﻤﺪ ﺍﻟﻘﺎﺳﻢ، إمام وخطيب في مسجد النبي
Tidak ada komentar :
Posting Komentar