Abu Hasan

مجموعة الاسلامية على نهج سلف الأمة

Selasa, 18 April 2017

TANDA KEIMANAN vs TANDA KEMUNAFIKAN

🔵 *TANDA KEIMANAN vs TANDA KEMUNAFIKAN* 🔴


من علامة الإيمان : اشداء على الكفار، رحماء بين المؤمنين



🔵 Tanda keimanan yaitu : bersikap tegas kepada orang-orang kafir, berkasih sayang kepada sesama mukmin.

👇🏾 Dalilnya berdasarkan firman Allah :

ﻭَﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻣَﻌَﻪُ ﺃَﺷِﺪَّﺍﺀُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻜُﻔَّﺎﺭِ ﺭُﺣَﻤَﺎﺀُ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻢْ ۖ ﺗَﺮَﺍﻫُﻢْ ﺭُﻛَّﻌًﺎ ﺳُﺠَّﺪًﺍ ﻳَﺒْﺘَﻐُﻮﻥَ ﻓَﻀْﻠًﺎ ﻣِّﻦَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭَﺭِﺿْﻮَﺍﻧًﺎ

"Dan orang-orang yang bersamanya tegas kepada orang² kafir dan berkasih sayang sesama mereka (orang² beriman). Kamu melihat mereka banyak ruku', sujud, dan mencari karunia dan keridhoan dari Allah" (QS. Al-Fatah : 29)

🔵 Dari ayat di atas, sangat jelas bahwa ciri orang2 beriman dari para pengikut rasulullah :

1⃣. Tegas kepada orang² kafir
2⃣. Bersikap lembut dan saling berkasih sayang kepada orang² beriman
3⃣. Banyak ruku', sujud, yaitu mementingkan sholat berjama'ah
4⃣. Mencari karunia dan keridhoan Allah. Takut murka dan azabNya.
5⃣. Memiliki prinsip wala' wal baro', komitmen dan loyal kepada sesama muslim.

🔵 Kalau tidak ada ciri-ciri di atas atau justru kebalikannya maka dia pasti munafiq... hingga kemunafikannya (nifaq i'tiqody) bisa menjadikan dia keluar dari millah islam
؛
- penista alQuran justru disanjung2, didukung, dibela² untuk dijadikan pemimpin.
- bersikap cengéngésan (ketawa-ketawa) dengan orang kafir, bercanda ria, bergandengan tangan, berpeluk mesra, makan minum bersulang penuh keakraban, disambut hangat dengan sholawat, digelari 'sunan' yang mulia, dipersilahkan masuk masjid dan berceramah, bahkan dicari-carikan 'dalil' demi menjilat orang kafir.


ﺍﻟﻤﻨﺎﻓﻖ ﻫﻮ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﻀﻤﺮ ﺍﻟﻜﻔﺮ ﺍﻋﺘﻘﺎﺩﺍ ، ﻭﻳﻈﻬﺮ ﺍﻹﻳﻤﺎﻥ ﻗﻮﻻ" (ﺍﻟﺘﻌﺮﻳﻔﺎﺕ ﺹ. 298)

🔵 Jika seseorang menampakan secara dhohir islam, berbaju muslim, berkopiyah, bersorban, ke masjid, menggunakan atribut²"dan slogan islami, namun menyembunyikan kekufuran terhadap ayat alQurqn maka bisa masuk pada *nifaq akbar*. Sebagaimana para munafiqin dahulu di zaman nabi, mereka sholat juga, namun menyembunyikan kekufuran.


🔵 Sebagaimana kufur, fasiq, syirik, maksiyat bertingkat² demikian juga nifaq. Ada yang bisa mengeluarkan pelakunya dari Islam ada yang tidak. Sebagaimana syaikh Muhammad bin Abdul wahhab berkata :

ﻭﻣﻦ ﺃﻧﻮﺍﻉ ﺍﻟﻨﻔﺎﻕ ﺍﻟﻜﺜﻴﺮﺓ :
1 ﺗﻜﺬﻳﺐ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ، ﺃﻭ ﺗﻜﺬﻳﺐ ﺑﻌﺾ ﻣﺎ ﺟﺎﺀ ﺑﻪ .
-2 ﺑﻐﺾ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ، ﺃﻭ ﺑﻐﺾ ﻣﺎ ﺟﺎﺀ ﺑﻪ .
-3 ﺍﻟﻤﺴﺮّﺓ ﺑﺎﻧﺨﻔﺎﺽ ﺩﻳﻦ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ، ﺃﻭ ﺍﻟﻜﺮﺍﻫﻴﺔ ﺑﺎﻧﺘﺼﺎﺭ ﺩﻳﻦ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ .
-4 ﻋﺪﻡ ﺍﻋﺘﻘﺎﺩ ﻭﺟﻮﺏ ﺗﺼﺪﻳﻘﻪ ﻓﻴﻤﺎ ﺃﺧﺒﺮ .
-5 ﻋﺪﻡ ﺍﻋﺘﻘﺎﺩ ﻭﺟﻮﺏ ﻃﺎﻋﺘﻪ ﻓﻴﻤﺎ ﺃﻣﺮ .
ﻭﺑﺎﻟﻨﻈﺮ ﺇﻟﻰ ﺍﻵﻳﺎﺕ ﺍﻟﺘﻲ ﺫﻛﺮﺕ ﺃﺣﻮﺍﻝ ﺍﻟﻤﻨﺎﻓﻘﻴﻦ ، ﻭﻛﻼﻡ ﺍﻟﻤﻔﺴﺮﻳﻦ ﺣﻮﻟﻬﺎ ، ﻳﻤﻜﻦ ﺃﻥ ﻳﻀﺎﻑ ﺇﻟﻰ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺼﻔﺎﺕ ﺻﻔﺎﺕ ﺃﺧﺮﻯ ﻭﻫﻲ :
-6 ﺃﺫﻯ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺃﻭ ﻋﻴﺒﻪ ﻭﻟﻤﺰﻩ .
-7 *ﻣﻈﺎﻫﺮﺓ ﺍﻟﻜﺎﻓﺮﻳﻦ ﻭﻣﻨﺎﺻﺮﺗﻬﻢ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺆﻣﻨﻴﻦ*.
-8 ﺍﻻﺳﺘﻬﺰﺍﺀ ﻭﺍﻟﺴﺨﺮﻳﺔ ﺑﺎﻟﻤﺆﻣﻨﻴﻦ ﻷﺟﻞ ﺇﻳﻤﺎﻧﻬﻢ ﻭﻃﺎﻋﺘﻬﻢ ﻟﻠﻪ ﻭﻟﺮﺳﻮﻟﻪ .
-9 ﺍﻟﺘﻮﻟﻲ ﻭﺍﻹﻋﺮﺍﺽ ﻋﻦ ﺣﻜﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺣﻜﻢ ﺭﺳﻮﻟﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ .
ﻓﺎﻟﻮﻗﻮﻉ ﻓﻲ ﺃﻱ ﺻﻔﺔ ﻣﻦ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺼﻔﺎﺕ ﻳﺨﺮﺝ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﻠﺔ. (ﺍﻟﻤﻮﺳﻮﻋﺔ ﺍﻟﻌﻘﺪﻳﺔ
/ ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ ﺍلتوحيد : ﻧﻮﺍﻗﺾ ﺍﻹﻳﻤﺎﻥ, ص. ٧٦)

Jenis-jenis kemunafikan :

1⃣. Mendustakan rosulullah dan mendustakan sebagian apa yang dibawanya dari wahyu
2⃣. Membenci rosulullah dan membenci dengan apa yang dibawanya dari risalahnya.
3⃣. Terus menerus merendahkan dan melecehkan agama nabi serta enggan berjuang untuk agama.
4⃣. Tidak meyakini *wajibnya* membenarkan apa yang rosulullah kabarkan
5⃣. Tidak meyakini *wajibnya* mentaati apa yang rosulullah perintahkan
6⃣. Menyakiti rosulullah, berupa mencelanya, merendahknanya.
7⃣. *Mendukung orang² kafir, membelanya daripada mendukung orang mukmin*
8⃣. Menghina serta memperolok-olok, mencela orang² mukmin karena keimanan mereka dan ketaatan mereka kepada Allah dan rosulNya.
9⃣. Berpaling dan menolak hukum Allah dan hukum rasulullah.

🔵 Maka barangsiapa yang terjatuh dalam sifat² ini maka dia keluar dari Islam. (Kitabut Tauhid, bab nawaqidhul iman hal. 76)

🔵 Point nomor tujuh sangat jelas. Menggambarkan kondisi saat ini. Dan merupakan sifat yang sangat berbahaya. Keluar dari pekerjaan, keluar dari perusahaan, keluar dari jabatan resikonya lebih ringan daripada keluar dari Islam.

🔵 Nifaq akbar menyangkut masalah keyakinan (i'tiqody), menyangkut pokok² dasar aqidah yang rusak. Berkeyakinan bahwa pemimpin kafir yang adil itu lebih baik daripada pemimpin muslim yang korup. Pemimpin kafir yang profesional itu lebih baik daripada pemimpin muslim yang dholim. Dan sebagainya yang hanya permainan kata². Justru keyakinan seperti ini bukan hanya nifaq tapi ini sudah kufur yang sangat nyata. Berseberangan 180° dengan petunjuk alQuran. Dan nifaq akbar ini keadaannya lebih parah dibanding dengan nifaq ashgor. Sementara nifaq asghor menyangkut hanya pada perilaku dan perbuatan, berbicara dusta, mengkhiyanati amanah, mengingkari janji. Maka sikap munafik akbar seperti ini bisa menyebabkan pelakunya keluar dari Islam bila tidak bertaubat.

🔵 Sungguh dalil, hujjah, petunjuk di dalam alQuran, di dalam sunnah nabi dengan jelas haromnya memilih kafir sebagai pemimpin dan penguasa. Jelas. Tegas. Terang. Bagaikan terangnya mentari di siang hari. Dan barangsiapa yang mendustakan ayat-ayat Allah maka celakalah dia ;

ﺑَﺸِّﺮِ ﺍﻟْﻤُﻨَﺎﻓِﻘِﻴﻦَ ﺑِﺄَﻥَّ ﻟَﻬُﻢْ ﻋَﺬَﺍﺑًﺎ ﺃَﻟِﻴﻤًﺎ

"Beritakan kepada orang² munafiq bahwa bagi mereka azab yang pedih" (QS. Annisa' : 138)


🔵 Ciri-ciri munafiq yaitu :


ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻳَﺘَّﺨِﺬُﻭﻥَ ﺍﻟْﻜَﺎﻓِﺮِﻳﻦَ ﺃَﻭْﻟِﻴَﺎﺀَ ﻣِﻦ ﺩُﻭﻥِ ﺍﻟْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴﻦَ ۚ ﺃَﻳَﺒْﺘَﻐُﻮﻥَ ﻋِﻨﺪَﻫُﻢُ ﺍﻟْﻌِﺰَّﺓَ ﻓَﺈِﻥَّ ﺍﻟْﻌِﺰَّﺓَ ﻟِﻠَّﻪِ ﺟَﻤِﻴﻌًﺎ ‏( 139)


"Orang² yang menjadikan orang² kafir sebagai pemimpin selain dari orang beriman. Apakah mereka (munafiqin) mencari kehebatan di sisi mereka (kafirin) padahal sesungguhnya kehebatan seluruhnya milik Allah" (QS. Annisa' : 139)

🔵 Semoga kita dilindungi dari sifat munafiq, sebagai sifat teramat buruk di sisi Allah.
Semoga bermanfaat. Amiin.


 ✍
🔵 *Nasehat Khotib Nabawi*

ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢ :

ﻭﺣﺴﺒﻚ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﺍﻷﺻﻮﻝ ﻭﺍﻟﻘﻮﺍﻋﺪ ﺍﻟﺘﻲ ﻳﺴﻴﺮ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺍﻟﻌﺒﺪ ﻓﻲ ﺣﻴﺎﺗﻪ :
ﺇﻥ ﺃﺭﺩﺕ ﺃﻥ ﺗﻨﻈﺮ ﻓﻲ ﺳﻴﺮ ﺍﻻﻗﻮﺍﻡ ﺍﻟﺴﺎﻟﻔﻴﻦ : ﺗﺠﺪﻩ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺏ ﺍﻟﻠﻪ
ﻭﺇﻥ ﺃﺭﺩﺕ ﺃﻥ ﺗﻨﻈﺮ ﻓﻲ ﺍﻟﺴﺎﻟﻔﻴﻦ ﺍﻟﻤﺆﻣﻨﻴﻦ ﺍﻟﻤﻨﺼﻮﺭﻳﻦ : ﺗﺠﺪﻩ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺏ ﺍﻟﻠﻪ .
ﻭﺇﺫﺍ ﺃﺭﺩﺕ ﺃﻥ ﺗﻜﻮﻥ ﻣﻮﺳﻮﻋﺔ ﻋﻈﻴﻤﺔ ﻓﻲ ﺍﻹﻗﺘﺼﺎﺩ : ﻓﻌﻠﻴﻚ ﺑﻜﺘﺎﺏ ﺍﻟﻠﻪ .
ﻭﺇﺫﺍ ﺃﺭﺩﺕ ﺃﻥ ﺗﻜﻮﻥ ﻋﺎﻟﻤﺎ ﻭﻗﺎﺿﻴﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﻨﺎﻳﺎﺕ : ﻓﻔﻲ ﻛﺘﺎﺏ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺘﻔﺼﻴﻞ .
ﺇﺫﺍ ﺃﺭﺩﺕ بركة حياتك ﻓﻌﻠﻴﻚ ﺑﺎﻟﻘﺮﺍﻥ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢ .

AlQuran yang Agung :
Dan Cukuplah bagimu dengan alQurân ini menjadi prinsip² dan pedoman hidup yang mendasar yang seorang hamba untuk berjalan di atasnya:
Jika kamu ingin melihat perjalan kisah orang-orang dahulu, kalian akan mendapatinya pada kitab Allah ini.
Jika kamu ingin melihat kisah orang-orang beriman yang mendapatkan pertolongan dahulu, maka kalian mendapatinya pada kitab Allah ini.
Jika kamu ingin mendapatkan kelapangan ekonomi dan rejeki maka kalian mendapatinya pada kitab Allah ini.
Jika kamu ingin menjadi 'alim mampu memutuskan perkara maka kalian mendapati rinciannya pada kitab ini.
Jika kalian ingin memperoleh keberkahan hidup maka harus dengan alQuran.


ﻟﻤﺎ ﺗﺎﺏ ﺳﺤﺮﺓ ﻓﺮﻋﻮﻥ ﻭﺁﻣﻨﻮﺍ ﺑﺮﺑﻬﻢ ؛ ﻗﺒِﻞ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻮﺑﺘﻬﻢ ، ﻭﺭﻓﻊ ﺩﺭﺟﺘﻬﻢ ، ﻭﺃﺻﺒﺤﻮﺍ ﻣﻦ ﺃﺗﺒﺎﻉ ﻣﻮﺳﻰ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺴﻼﻡ .
ﻓﺎﺳﻠﻚ ﺳﺒﻴﻞ ﺍﻟﺘﺎﺋﺒﻴﻦ ، ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻭﻃﺮﻳﻖ ﺍﻟﺒﺎﺋﺴﻴﻦ

Tatkala para penyihir Firaun bertobat dan neriman kepada robb mereka, maka Allah menerima taubat mereka dan mengangkat derajatnya. Maka kemudian mereka menjadi pengikut Musa. Ikutilah jalan orang-orang yang bertaubat. Jangan ikuti jalan orang2 yang berputus asa.

ﻟﻠﺨﻄﺎﻳﺎ ﺗﺄﺛﻴﺮﺍﺕ ﻗﺒﻴﺤﺔ ﺇﻥ ﺃﺳﺮﻋﺖ ، ﻭﺇﻥ ﺍﺟﺘﻤﻌﺖ ﺁﺫﺕ؛ ﻓﺸﺮﺍﺭﺓٌ ﺭﺑﻤﺎ ﺃﺣﺮﻗﺖ ﺑﻠﺪﺍً ، ﻭﺍﻟﺨﻄﺎﻳﺎ ﻣﻄﻮﻗﺔ ﻓﻲ ﺃﻋﻨﺎﻕ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ ، ﻭﺍﻟﻬﻼﻙ ﻓﻲ ﺍﻹﺻﺮﺍﺭ ﻋﻠﻴﻬﺎ .

Dosa-dosa itu mempunyai pengaruh yang buruk, bisa bisa cepat, dan jika terus bertumpuk akan berpengaruh sangat buruk, bisa jadi menyebabkan terbalarnya suatu negeri, membungkukkan punggung laki-laki, dan kebinasaan jika dosa itu terus menerus.

اشرف العلم بشرف المعلوم، وأشرف العلم علم بالله ومحبته

*Kemulian suatu ilmu berdasarkan obyek yang dipelajari, dan semulia² ilmu adalah ilmu mempelajari mengenal Allah dan mencintainya*

ﺍﻟﻌﻠﻢ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﻳﻨﻔﻌﻚ ﻗﻠﻴﻞ ﺍﻟﻌﻤﻞ ﻭ ﻛﺜﻴﺮﻩ ، ﻭﻣﻊ ﺍﻟﺠﻬﻞ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﻻ ﻳﻨﻔﻌﻚ ﻗﻠﻴﻞ ﺍﻟﻌﻤﻞ ﻭﻻ ﻛﺜﻴﺮﻩ

"Dengan Ilmu mengenal Allah akan tetap memberimu manfaat baik dengan amalmu yang sedikit maupun banyak. Namun kejahilan (ketidaktahuan) kepada Allah, amal yang sedikit ataupun banyak tidak akan memberimu manfaat"

ﻣﻦ ﻋﻤِﻞَ ﻃﺎﻋﺔً ﻓﻌﻼﻣﺔُ ﻗﺒﻮﻟﻬﺎ ﺃﻥ ﻳﺼِﻠﻬﺎ ﺑﻄﺎﻋﺔٍ ﺃﺧﺮﻯ ، ﻭﻋﻼﻣﺔُ ﺭﺩِّﻫﺎ ﺃﻥ ﻳُﻌﻘِﺐَ ﺗﻠﻚ ﺍﻟﻄﺎﻋﺔَ ﺑﻤﻌﺼﻴﺔ

Barangsiapa yang melakulan ketaatan maka pertanda diterimanya berupa diiringi ketaatan² lainnya. Dan tanda tertolaknya berupa selalu diiringi maksiyat2 setelah melakukan ketaatan.
ﺃﺣﺴِﻦ ﺍﻟﻈﻦَّ ﺑﺮﺑﻚ ، ﻭﺍﻧﺘﻈﺮ ﻓﺘﺢَ ﺃﺑﻮﺍﺏ ﺍﻟﺮّﺯﻕ ﻟﻚ ، ﻭﻻ ﺗﻌﺠﻞ ﻓﻲ ﺗﻔﺮﻳﺞ ﺍﻟﻜﺮﺏِ ، ﻭﻻﺯﻡ ﺍﻟﺼﺒﺮَ ﻓﻘﺪ ﻳﻜﻮﻥ ﺍﻟﺮﺏّ ﻣﺪَّﺧِﺮًﺍ ﻟﻚ ﺧﻴﺮًﺍ ﻓﻲ ﺃﺧﺮَﺍﻙ .

Berbaik sangkalah kalian kepada Robb mu, besabarlah menunggu dibukakannya pintu2 rejekimu, jangan terburu3 ingin segera dihilangkannya kegala kequlitan. Tetaplah terus untuk bersabar. Bisa jadi do'amu disimpan oleh Robbmu di akherat kelak yang itu lebih baik bagimu.

ﻳﺰﻳﻦ ﺍﻟﺸﻴﻄﺎﻥ ﻟﻺﻧﺴﺎﻥ ﺍﻟﻤﻌﺼﻴﺔ ﻭﻳﻨﺴﺒﻪ ﺍﻟﻌﻘﻮﺑﺔ ، ﻭﻳُﻠﻮِّﺡ ﻟﻪ ﺑﺴﻌﺔ ﺍﻟﺮﺣﻤﺔ ؛ ﻟﻴﻮﻗﻌﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﺬﻧﺐ ﻣﺮﺓ ﺑﻌﺪ ﺃﺧﺮﻯ ، ﻓﻴﻀﻌﻒ ﺳﻴﺮﻩ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺍﻟﺪﺍﺭ ﺍﻵﺧﺮﺓ .

Setan menjadikan indah perbuatan maksiyat dan dia membuat lupa hukuman (dari sebab dosa) dan menipu dengan luasnya rahmat; agar menjebak terus menerus di kubangan dosa lagi dan lagi. Ajhirnya menyebabkan lemahnya usaha untuk bertobat dan menuju negeri akhirat.

ﻓﻲ ﻣﺮﺍﺣﻞ ﺍﻟﻌﻤﺮ ﻭﺗﻘﻠﺒﺎﺕ ﺍﻷﻳﺎﻡ
ﻭﻗﻔﺎﺕ ﻳﺤﺎﺳﺐ ﻓﻴﻬﺎ العبد ﻧﻔﺴﻪ
ﻓﻴﺴﺘﺜﻘﻞ ﺫﻧﺒﻪ ، ﻭﻳﺴﺘﻐﻔﺮ ﺭﺑﻪ ، ﻭﻳﺮﺍﺟﻊ ﺃﻋﻤﺎﻟﻪ ؛ ﻓﻤﻦ ﺍﻟﺨﻴﺮ ﻳﺰﺩﺍﺩ ، ﻭﻋﻦ ﺍﻟﺘﻘﺼﻴﺮ ﻳﻘﻠﻊ. ﻭﻻ ﻳﺰﺍﻝ ﺍﻟﻌﺒﺪ ﻋﻠﻰ ﻫﺪﻯ
ﻣﺎﻛﺎﻥ ﻟﻪ ﻭﺍﻋﻆ ﻣﻦ ﻧﻔﺴﻪ
ﻭﻛﺎﻧﺖ ﺍﻟﻤﺤﺎﺳﺒﺔ ﻣﻦ ﻫﻤﺘﻪ

Dalam tahapan usia dan perguliran hari-hari. Sudah sepantasnya seorang hamba senantiasa muhasabah (intropeksi) diri ; dia menganggap telah berat dosa-dosanya, maka dia memohon ampun kepada robbnya, memperbaiki amalannya, jika dalam kebaikan dia pertahankan atau dia tambah, jika kurang dia tambal. Seorang hamba akan senantoasa dalam petunjuk jika : dia selalu menasehati dirinya, dan intropeksi (muhasabah) selalu jadi visinya.

ﺍﻟﻘﻠﺐ ﺇﺫﺍ ﺃﻇﻠﻢ ﺑﻜﺜﺮﺓ ﺍﻟﻤﻌﺎﺻﻲ ﺛﻘﻞ ﻋﻠﻴﻪ ﺃﺩﺍﺀ ﺍﻟﻤﻌﺮﻭﻑ ، ﻭﺳﻬﻞ ﻋﻠﻴﻪ ﻗﺒﻮﻝ ﺍﻟﻤﻨﻜﺮ

Hati jika semakin gelap dengan banyaknya dosa, terasa berat untuk menunaikan kebaikan, gampang menerima kemungkaran

ﺍﻟﻔﺮﺍﺭ ﻣﻦ ﺍﻟﺸﻘﺎﺀ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺴﻌﺎﺩﺓ ﻳﻜﻮﻥ ﺑﺎﻟﺘﻮﺑﺔ ﻭﺍﻹﻧﺎﺑﺔ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ . ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﻘﻴﻢ - ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ :-‏( ﻭﻳﻐﻠﻖ ﺑﺎﺏ ﺍﻟﺸﺮﻭﺭ ﺑﺎﻟﺘﻮﺑﺔ ﻭﺍﻻﺳﺘﻐﻔﺎﺭ ‏) .
Melarikan diri dari kesengsaraan kepada kebahagiaan adalah dengan bertobat dan kembali kepada Allah. ibnul Qoyim berkata : 'pintu keburukan ditutup dengan bertaubat dan istighfar'
Semoga bermanfaat. Amiin.

✍ ﻓﻀﻴﻠﺔ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺩ . ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻤﺤﺴﻦ ﺑﻦ ﻣﺤﻤﺪ ﺍﻟﻘﺎﺳﻢ، إمام وخطيب في مسجد النبي

Tidak ada komentar :

Posting Komentar