Abu Hasan

مجموعة الاسلامية على نهج سلف الأمة

Senin, 04 Januari 2021

JANGAN UJUB (3)

 *JANGAN UJUB (3)*

◼ 'Ujub adalah sumber segala keburukan dan kumpulan kehinaan. Telah jelas keterangan dalam Alquran, bahwa ujub adalah maksiat pertama kali yang dilakukan iblis. Iblis terjangkit 'ujub, merasa senior, merasa lebih baik daripada Adam, akhirnya dia enggan menerima kebenaran. Tidak mau sujud hormat kepada Adam. Peristiwa ini adalah sebagai pelajaran berharga agar kita terhindar dari ujub. Siapa yang 'Ujub maka mirip setan.

◼Diabadikan dalam Alquran,

وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ أَبَىٰ وَاسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ الْكَافِرِين. (البقرة : 34)َ

"Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam," maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir".

العجب إعطاءٌ للنفس منزلة تفوق ما تستحقّها، ومنافاة لمعاني العبوديّة.

'Ujub, memberikan kepada diri posisi lebih tinggi (dalam kebaikan) daripada orang. Menganggap dirinya lebih berhak menyandang kehebatan, dan hal ini menafikan fungsi sebagai sebagai seorang hamba (ubudiyyah), yang seharusnya selalu tawadhu' (rendah hati).

يقول المولى تبارك وتعالى : (يَمُنُّونَ عَلَيْكَ أَنْ أَسْلَمُوا ۖ قُلْ لَا تَمُنُّوا عَلَيَّ إِسْلَامَكُمْ ۖ بَلِ اللَّهُ يَمُنُّ عَلَيْكُمْ أَنْ هَدَاكُمْ لِلْإِيمَانِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِين)َ

"Mereka merasa telah memberi nikmat kepadamu dengan keislaman mereka. Katakanlah: "Janganlah kamu merasa telah memberi nikmat kepadaku dengan keislamanmu, sebenarnya Allah, Dialah yang melimpahkan nikmat kepadamu dengan menunjuki kamu kepada keimanan jika kamu adalah orang-orang yang benar".. (QS. Al-Hujurat : 17)

قال تعالى : (وَلا تَمْنُن تَسْتَكْثِرُ) [المدثر: 6]، قال الحسن البصري: لا تمنن بعملك على ربك تستكثره"

Allah berfirman: "Dan janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak. Dan janganlah kalian menginginkan lebih banyak" (al-Muddatsir: 26).

Maka Imam Hasan Al bashri mengatakan: "jangan mengharap dengan amalanmu kepada Allah kamu menganggapnya sudah banyak (hebat)"

وعن أنس بن مالك رضي الله عنه ؛ أن رسول الله قال " لو لم تكونوا تذنبون خشيت عليكم أكثر من ذلك : العُجْب " . (السلسلة الصحيحة : 2/263)

Nabi bersabda: "Sekiranya tidak ada dari kalian yang berbuat dosa, (tapi) aku takut menimpa kalian yang lebih banyak dari itu, (yaitu) Ujub".

فالمتكبّرون والمعجبوب هم أول من يكذّب الأنبياء والمرسلين ، وبالنظر في أحوال المتكبّر ، فإنه يرى نفسه بعين الكمال ، وينظر إلى غيره بعين النقص والاحتقار ، قد اغترّ بما حباه الله من رفعة في النسب ، أو وفرة في المال ، أو مكانة في المجتمع ، أو زمرة من الأتباع

Golongan orang-orang sombong dan 'ujub lah yang pertama-tama mendustakan para nabi dan rasul. Keadaan orang-orang ujub adalah; memandang dirinya dengan pandangan kesempurnaan, namun kalau memandang orang lain dengan pandangan merendahkan dan kurang. Demikianlah sejak zaman dahulu mereka menganggap dirinya lebih baik dari sisi nasab (keturun), kepemilikan harta, terpandang dalam status sosial masyarakat, ataupun banyaknya pengikut, sehingga mereka 'ujub dan sombong.

نفث الشيطان فيه معاني الكبر والخيلاء ، فإذا به يتعاظم في المجالس ويتعالى على الخلق ، ويختال في مشيته كأنّه ليس في الأرض غيره ، ويرى الناس من طرف عينه.

Setan membisikkan agar sombong, memandang dirinya agung ketika di majelis-majelis, merasa tinggi (dalam hal ilmu, ibadah, amalan) di atas mereka. Congkak saat berjalan, seakan-akan di bumi ini tidak ada orang selain dia (yang lebih baik) dan memandang orang lain di ujung matanya.

Dan di hari kiamat kelak orang-orang seperti itu dikumpulkan bersama golongan orang-orang 'ujub dan sombong; Firaun, Hamman, Qorun, Abu Jahal, Abu Lahab, mereka dijadikan kecil dan hina seperti biji dzarr, dan diinjak-injak manusia. Mereka diliputi kehinaan dari segala sisi.

يُحْشَرُ الْمُتَكَبِّرُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَمْثَالَ الذَّرِّ فِي صُوَرِ الرِّجَالِ يَغْشَاهُمْ الذُّلُّ مِنْ كُلِّ مَكَانٍ فَيُسَاقُونَ إِلَى سِجْنٍ فِي جَهَنَّمَ يُسَمَّى بُولَسَ تَعْلُوهُمْ نَارُ الْأَنْيَارِ يُسْقَوْنَ مِنْ عُصَارَةِ أَهْلِ النَّارِ طِينَةَ الْخَبَالِ

"Pada hari kiamat orang-orang yang sombong akan digiring dan dikumpulkan seperti semut kecil, di dalam bentuk manusia, kehinaan akan meliputi mereka dari berbagai sisi. Mereka akan digiring menuju sebuah penjara di dalam Jahannam yang namanya Bulas. Api neraka yang sangat panas akan membakar mereka. Mereka akan diminumi nanah penduduk neraka, yaitu thinatul khabal (lumpur kebinasaan)." [Riwayat al-Bukhâri dalam al-Adabul Mufrad, no. 557).

وعن العباس بن عبد المطلب –رضي الله عنه قال -: " بينما أنا مع النبى صلى الله عليه وسلم .. ، إذ أقبل رجل يتبختر بين برديه و ينظر إلى عطفيه و قد أعجبته نفسه ، إذ خسف الله به الأرض في هذا الموطن ، فهو يتجلجل فيها إلى يوم القيامة " (السلسلة الصحيحة : 4/81)

Nabi bersabda:
"Tatkala seorang laki-laki berjalan dalam balutan sebuah pakaian yang ia merasa kagum pada dirinya, rambut kepalanya tersisir rapi dan berlagak sombong dalam jalannya, tiba-tiba Allah membenamkannya. Maka ia meronta-meronta di dalam tanah hingga hari kiamat."

روى الطبراني في الأوسط، والبيهقي في الشعب، أن النبي قال: "ثلاث مهلكات: شح مطاع، وهوىً متبع، وإعجاب المرء بنفسه"

Nabi bersabda:: "Tiga perkara yang membinasakan; dengki yang ditaati, hawa nafsu yang diikuti, dan seseorang yang berbangga diri".

ATSAR

وقال الذهبي -رحمه الله-:
فمن طلب العلم للعمل كسره العلم وبكى على نفسه ومن طلب العلم للمدارس والإفتاء والفخر والرياء تحامق واختال وازدرى بالناس وأهلكه العجب ومقتته الأنفس {قد أفلح من زكاها وقد خاب من دساها} [الشمس: 9، 10] أي: دسسها بالفجور والمعصية. سير أعلام النبلاء (13/378)

Berkata Imam Dzahabi : "barangsiapa yang menuntut ilmu untuk diamalkan, maka ilmu itu memberi manfaat baginya, akan membuat nangis dirinya"' Namun, barangsiapa yang menuntut ilmu untuk agar dianggap berilmu, ahli fatwa, berbangga diri, riya', menganggap bodoh orang, sombong terhadap manusia, tidak bermanfaat baginya. Dan rasa 'ujub membinasakannya". Lalu beliau membaca ayat: ((sungguh beruntunglah orang yang mensucikan hatinya, dan celakalah orang yang mengotori hatinya". (QS. AsSyamsu: 8-9).

سئل حمدون القصار –رحمه الله-:
مَا بَالُ كَلَامِ السَّلَفِ أَنْفَعُ مِنْ كَلَامِنَا ؟ قَالَ:"لِأَنَّهُمْ تَكَلَّمُوا لِعِزِّ الْإِسْلَامِ وَنَجَاةِ النُّفُوسِ وَرِضَاءِ الرَّحْمَنِ، وَنَحْنُ نَتَكَلَّمُ لِعِزِّ النَّفْسِ وَطَلَبِ الدُّنْيَا وَقَبُولِ الْخَلْقِ . (شعب الإيمان: 2/297) (حلية الأولياء وطبقات الأصفياء).

Hamdun AlQoshr ditanya: "Mengapa ucapan salaf (orang dahulu) lebih bermanfaat daripada perkataan kita ?" dia menjawab: "Sebab mereka berbicara untuk kemuliaan Islam dan keselamatan jiwa-jiwa, untuk memperoleh Ridho ar-Rahman. Sementara kita jika berbicara untuk memuliakan diri, mencari dunia, dan penerimaan makhluk."

كلام السلف إنه نفحات من الحكمة، ونسمات من رياح الحق، نابعة من تلك القلوب الصلدة الصافية الرقيقة الجليلة العالية المطمئنة، التي ملأها حبُّ الله ففاضت به، وأماتَها خوفُه، وأحياها رجاؤُه، وامتزج فيها الإيمان والقرآن، والصبر والشكر، والمخافة والمعرفة، والرجاء والحياء، والحق والصدق، والخضوع والخشوع، والرأفة والرحمة، والعزة والذل، واليقين والتوكل، والزهد والجد، والشجاعة والقناعة، والعلم والفهم، والهدى والنور في قلوبهم.

Ucapan salam dipenuhi dengan aroma hikmah, dan mengalir lembut angin kebenaran, yang bersumber dari hati-hati mereka yang suci, lembut, mulia, agung, tinggi, tentram. Hati-hati yang dipenuhi dengan cinta kepada Allah, dipenuhi rasa takut (khouf), hidup dengan penuh harap (rodja'), jiwa yang penuh dengan iman, alQuran. Hati yang berisikan sabar, syukur, makrifat, rasa takut, rasa harap, malu, haq, yakin, khusyuk, khudzu', rahmat (kasih sayang), kesungguhan, 'iffah, zuhud, qana'ah, ilmu, pemahaman, petunjuk dan cahaya, memancar dari hati-hati mereka.

يا من يحرص على النافع من العلم ويرجو التوفيق إلى الصالح من العمل- فعليك بآثار أسلافنا، فاسمع قصصهم وأخبارهم واجمع حكمهم وآثارهم، واقبل عظاتهم ونصائحهم، أَقبلْ عليها، وعض عليها بناجذيك؛ فإنها فوائد تشد إليها الرحال ونفائس يتنافس فيها الرجال: ارتو من مائها فإنه عذب فرات، واقتبس من ضوءها فإنها كواكب دريات مضيات.

Wahai sesiapa yang yang sangat ingin bermanfaat dari ilmunya, sangat ingin memperoleh taufik dalam amal sholeh nya, maka wajib bagi kalian berpegang pada atsar para salaf, maka dengarlah kisah-kisah mereka yang agung, kabar-kabar teladan mereka, hikmah-hikmah mereka. Terimalah nasehat-nasehat mereka, gigitlah dengan gigi gerahammu, timbalah dari sumber air mereka, petiklah suluh api dari mereka, agar menerangi jalan hidupmu.

وقال الحافظ ابن رجب –رحمه الله
كلام السلف قليل كثير البركة، وكلام الخلف كثير قليل البركة. (الباعث الحثيث شرح اختصار علوم الحديث).

Ibnu Hajar berkata: "perkataan salaf itu sedikit dan banyak berkah, sementara perkataan orang belakangan banyak tapi sedikit berkah"

سُئل عبد الله بن المبارك –رحمه الله- عن مفهوم العُجْب؟ فقال: أن ترى أن عندك شيئًا ليس عند غيرك ! (شعب الإيمان : 7/50) ، تذكرة الحفاظ (1/278)

Abdullah bin Mubarak ditanya tentang pengertian 'Ujub, maka beliau berkata: "(yaitu engkau menganggap disisimu ada sesuatu (kehebatan) sementara disisi orang lain tidak ada apa-apanya".

قال بشر بن الحارث –رحمه الله- :
«العجب أن تستكثر، عملك وتستقل عمل الناس أو عمل غيرك» (حلية الأولياء (8/348)

Basyar bin Harits berkata: "Ujub adalah engkau menganggap banyak (hebat) amalanmu, dan menganggap sedikit amalan orang atau amalan selainmu"

NB: Ujub adalah menganggap hebat amalan dirinya, tapi menganggap amalan orang lain tidak ada apa-apanya.

قال مسروق –رحمه الله-:
بحسب الرّجل من العلم أن يخشى اللّه- عزّ وجلّ- وبحسب الرّجل من الجهل أن يعجب بعلمه .! (أخلاق العلماء للآجري :1/70) ، (مصنف ابن أبي شيبة: 7/149)

Imam Masruq berkata; "Cukuplah seseorang dianggap berilmu tatkala dia takut kepada Allah, dan cukuplah seseorang itu termasuk jahil (:bodoh) tatkala 'ujub dengan ilmunya."

وسُئِلَ الحافظ عبد الغني المقدسي -رحمه الله-: لِمَ لا تقرأ من غير كتاب ؟ قال : أخاف العجب (سير أعلام النبلاء : 21/449)
Hafiz Abdul Ghani AlMaqdisi ditanya; "Mengapa engkau tidak membaca dari selain Alquran?' Dia menjawab: 'aku takut 'ujub"

وقال كعب الأحبار -رحمه الله - لرجل أتاه ممن يتبع الأحاديث :
اتق الله وارض بدون الشرف من المجلس ، ولا تؤذين أحدا ، فإنه لو ملأ علمك ما بين السماء والأرض مع العجب ، ما زادك الله به إلا سفالاً ونقصا ! فقال الرجل رحمك الله يا أبا اسحاق ، إنهم يكذبوني ويؤذوني فقال : قد كانت الأنبياء يكذبون ويؤذون فيصبرون ، فاصبر وإلا فهو الهلاك (حلية الأولياء: 5/376)

Ka'ab alAhkbar berkata kepada seseorang yang selalu mempelajari hadits -hadits: "bertakwalah kepada Allah dan bersikaplah ridho dengan tanpa sombong, tanpa merasa mulia di dalam majelis, dan jangan engkau menyakiti seorang pun, sungguh, seandainya ilmumu sepenuh antara langit dan bumi tapi diiringi 'ujub, maka hal itu tidaklah menambah di sisi Allah kecuali kerendahan"' Seorang tadi berkata: "Sungguh mereka menyakitiku dan mendustaiku wahai Abu Ishaq", Ka'ab berkata: 'Bukankah para nabi juga disakiti dan didustai??' maka bersabarlah, jika tidak bersabar maka celaka".


نعوذ بالله من العجب.
Semoga bermanfaat. Amiin.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar