Abu Hasan

مجموعة الاسلامية على نهج سلف الأمة

Senin, 04 Januari 2021

TAHAJJUD SALAF (7)

 *TAHAJJUD SALAF (7)* ))))))))


◼Beberapa kisah salaf dan teladan mereka dalam Qiyamul Lail;

ويروى أن طاوسًا جاء في السحر يطلب رجلاً فقالوا: هو نائم، قال: ما كنت أرى أن أحدًا ينام في السحر. [51]

▪ Diriwayatkan bahwa imam Thowus pernah pada waktu sahur mencari seseorang. Maka mereka mengatakan orang yang dicari tersebut masih tidur. Thowus berkata: aku belum pernah melihat afa seseorang masih tidur di waktu sahur"

إذا ما الليل أظلم كابدوه
فيسفر عنهم وهم ركوع
أطار الخوف نومهم فقاموا
وأهل الأمن في الدنيا هجوع
لهم تحت الظلام وهم سجود
أنين منه تنفرج الضلوع. [52]

▪ Apabila malam telah kelam, mereka bersusah payah beribadah
Melaluinya dalam ruku'
Meninggalkan tidurnya lalu bangun berdiri
Sedangkan orang² yang merasa aman di dunia berada dalam kelalaian dan banyak bersantai.
Bagi mereka (ahli ibadah) banyak bersujud dalam kegelapan malam.

أما عمرو بن دينار فإنه جزأ الليل ثلاثة أجزاء، ثلثًا ينام، وثلثًا يدرس حديثه، وثلثًا يصلي. [53]

▪ Amru bin Dinar membagi malamnya menjadi tiga fase: 1/3 untuk tidur, 1/3 untuk mempelajari hadits, 1/3 untuk sholat.

ورحم الله طاوسًا كان إذا اضطجع على فراشه يتقلى عليه كما تتقلى الحبة على المقلاة، ثم ويثب ويصلي إلى الصباح، ثم يقول: طير ذكر جهنم نوم العابدين. [54]

▪ adalah Imam Thowus apabila hendak berbaring di pembaringan tempat tidurnya berbolak- balik seperti biji yang digoreng di atas tungku. Kemudian berdiri sholat sampai subuh. Ia berkata: "lantaran mengingat neraka Jahanam, ahli ibadah terhalang tidur".

اصغ سمعك لنداء ربك، ﴿فَفِرُّوا إِلَى اللَّهِ﴾ وبادر طيَّ صحيفتك وأحسر عن رأسك قناع الغافلين، وانتبه من رقدة الموتى وشمر للسباق غدًا، فإن الدنيا ميدان المتسابقين. [55]

▪ Demikianlah para salaf banyak memanfaatkan waktu sehingga mereka banyak memperoleh hasil, sementara kita banyak yang menyia-nyiakan waktu baik siang maupun malam. Banyak orang bersikap "Tasqif" (nanti, nanti). Akan melakukan hal- hal baik selalu dengan kata 'nanti.. Akhirnya kematian datang lebih dahulu dan ia pun belum sempat melakukan apa yang dia sudah rencanakan. Itulah rahasia lafadh "wa saari'uu..." (bersegeralah, cepatlah). Bahwa waktu itu terbatas, kalau beramal ya segera saja, jangan menunggu nanti, dan nanti. Keburu waktu beramal sudah ditutup.

عن نافع أنه قال: كان ابن عمر - رضي الله عنه - يحيي الليل صلاة ثم يقول: يا نافع أسحرنا؟ فأقول: لا، فيعاود الصلاة إلى أن أقول: نعم، فيقعد ويستغفر ويدعو حتى يصبح.

▪ Nafi' berkata ; Ibnu Umar menghidupkan malamnya dengan sholat. Kemudian dia berkata; wahai nafi' apakah kita sudah masuk sahur? Maka aku berkata: belum. Maka diapun melanjutkan sholat malamnya. Dia pun sholat, dzikir, doa sampai menjelang subuh.

أما منصور بن المعتمر فكان يصلي في سطحه فلما مات، قال غلام لأمه: يا أماه: الجذع الذي كان في سطح آل فلان ليس أراه. قالت: يا بني ليس ذاك بجذع.. ذاك منصور قد مات. [56]

▪ Adalah Manshur ibnu Muktamar biasa sholat malam di pekarangan rumahnya. Tatkala dia meninggal dunia, ada anak kecil tetangganya bertanya kepada ibunya: wahai ibu, tonggak yang biasa di pekarangan Bani fulan kok tidak aku lihat lagi. Ibunya berkata: wahai ananda, itu bukan tonggak pohon....itu Manshur yang biasa sholat malam, dia sudah meninggal".

كرر عليَّ حديثهم يا حادي
فحديثهم يجلو الفؤاد الصادي. [57]

▪ Ulangilah kisah² mereka....
Kisah- kisah mereka membangkitkan (semagat) jiwa² yang nestapa.

كان أسيد - رضي الله عنه - إذا أوى إلى فراشه يتقلب كالحبة على المقلى ويقول:إنك لين، وفراش الجنة ألين منك (*)، ولا يزال راكعًا وساجدًا إلى الصباح. [58]

▪ Adalah Usaid manakala hendak ke pembaringan tempat tidurnya berbolak- balik layaknya biji digoreng dibatas tungku dan berkata: duhai engkau memang lembut, namun pembaringan di surga lebih lembut darimu. Hingga dia pun sholat, ruku' dan sujud hingga subuh"

قال عبد الله بن داود: كان أحدهم إذا بلغ أربعين سنة طوى فراشه كان لا ينام الليل. [59]

▪ Abdullah bin Dawud berkata: "(adalah orang² sholih) manakala mereka telah mencapai usia 40, mereka melipat tempat tidurnya (menyingkirkannya). Dan ada yang tidak tidur malam."

قال سويد راى السلف أن الرحلة بصيام الدهر وقيام الليل. [60]

▪ Suwaid berkata; “Orang-orang Salaf memandang bahwa berekreasi adalah dengan cara puasa di siang hari dan shalat di malam hari.”

ونحن ينطبق علينا قول إبراهيم التيمي: «كم بينكم وبين القوم، أقبلت عليهم الدنيا فهربوا، وأدبرت عنكم فاتبعتموها». [61]

▪ Ibrahim AtTaimiy berkata;
"Betapa (jauh) antara kalian dengan kaum salaf. Dunia tunduk kepada mereka namun mereka menghindarinya. Namun dunia lari dari kalian tapi kalian mengejarnya"

قال شريك «من كثر" صلاته بالليل حسن وجهه بالنهار. [62]

▪ Syuraik berkata, “Barangsiapa yang banyak shalatnya di malam hari, maka wajahnya akan tampak indah di siang hari.”

قال مالك بن دينار...: أربع من علامات الشقاء: قسوة القلب وجمود العين وطول الأمل والحرص على الدنيا. [63]

▪ Malik bin Dinar berkata: "ada 4 tanda orang celaka. (Yakni); hati yang keras, mata yang beku (tak bisa menangis), panjang angan², & serakah kepada dunia"

* ذات ليلة زار قيس بن مسلم، محمد بن جحادة، فأتاه وهو في المسجد بعد صلاة العشاء، ومحمد قائم يصلي، فقام قيس بن مسلم في الناحية الأخرى يصلي، فلم يزالا على ذلك حتى طلع الفجر، وكان قيس بن مسلم إمام مسجده، فرجع إلى الحي فأمهم، ولم يلتقيا، ولم يعلم محمد مكانه، فقال بعض أهل المسجد: زارك أخوك قيس بن مسلم البارحة فلم تنفتل إليه. قال: ما علمت مكانه، فغدا عليه فلما رآه قيس بن مسلم مقبلاً قام إليه فاعتنقه، ثم خلوا جميعًا فجعلا يبكيان. [64]

▪ Suatu malam Qois bin Muslim mengunjungi Muhammad bin Jahadah, ia mendatanginya di masjid setelah sholat 'isyak. Didapatinya Muhammad sedang berdiri sholat. Qois bin Muslim pun ikut sholat di sudut lain. Tidak henti- henti demikian itu sampai subuh. Padahal Qois bin Muislim adalah Imam masjid tersebut dan temannya tadi tidak mengetahuinya. Sebagian orang yang sholat di masjid tersebut berkata: saudaramu Qois bin Muslim tadi malam mengunjungimu tapi kamu tidak mengetahui. Ia berkata: "Aku tidak mengetahui tempatnya" maka besoknya Qpis datang lagi, tatkala di lihat maka dipeluklah. Lalu keduanya menyendiri sholat hingga keduanya menangis.

عـن عبدالله إبن عمروإبن العا ص قال : (لأن أ ُصَـلى فى جوف الليل ركعة واحدة خير وأحب إلىَّ من أن أصلى فى النهار عـشــر ركعات) . [65]

▪ Amr bin Al ‘Ash radhiyallahu ‘anhu berkata, “Satu raka’at shalat malam itu lebih baik dari sepuluh rakaat shalat di siang hari.” (Ibnu Rajab, fi Lathoif Ma’arif 42)

قال ابن مسعود: : في التوراة مكتوب : على الله للذين تتجافى جنوبهم عن المضاجع ما لا عين رأت ولا أذن سمعت ولا خطر على قلب بشر . [66]

Ibnu Mas’ud _Radhiyallahu anhu_ berkata, “Sesungguhnya di dalam Taurat tertulis, ‘Sungguh Allah telah memberikan kepada orang-orang yang lambungnya jauh dari tempat tidur apa yang tidak pernah terlihat oleh mata, tidak pernah terdengar oleh telinga dan tidak pernah terlintas dalam hati manusia, yakni apa yang tidak di-ketahui oleh Malaikat yang dekat kepada Allah dan Nabi yang diutus-Nya.'” (al-Mustadrak, (II/414).)

وذكر أن أبا حنيفة قام ليلة بهذه الآية: ﴿بَلِ السَّاعَةُ مَوْعِدُهُمْ وَالسَّاعَةُ أَدْهَى وَأَمَرُّ﴾ [سورة القمر، الآية: 46]، يرددها ويبكي ويتضرع. [67]

▪ Abu Hanifah berdiri sholat malam dengan membaca ayat ini (Sebenarnya hari kiamat itulah hari yang dijanjikan kepada mereka dan kiamat itu lebih dahsyat dan lebih pahit." (Al Qamar: 45-46). Dia membacanya dengan memgulang²nya hingga menangis'

هذا معمر مؤذن سليمان التيمي يقول: صلى إلى جنبي سليمان التيمي بعد العشاء الآخرة وسمعته يقرأ: ﴿تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ﴾ [سورة الملك، الآية: 1]، فلما أتى على هذه الآية: ﴿فَلَمَّا رَأَوْهُ زُلْفَةً سِيئَتْ وُجُوهُ الَّذِينَ كَفَرُوا﴾ [سورة الملك، الآية 27] جعل يرددها حتى خفّ أهل المسجد فانصرفوا، فخرجت وتركته، وغدوت لأذان الفجر فنظرت فإذا هو في مقامه فسمعت، فإذا هو لم يجزها وهو يقول ﴿فَلَمَّا رَأَوْهُ زُلْفَةً سِيئَتْ وُجُوهُ الَّذِينَ كَفَرُوا﴾. [68]

▪ Makmar, muadzinnya Sulaiman Attaimiy berkata: Sulaiman atTaimi sholat di sampingku setelah sholat isyak agak larut, aku mendengar dia membaca surah Al-Mulk. Hingga sampai ayat ke-27, maka dia mengulang² ayat ini, sampai orang² di masjid tersebut merasa khawatir lalu bubar pulang ke rumah masing². Aku pun meninggalkan dia dan pulang. Besuknya saat menjelang adzan subuh aku masih mendapati dia di tempatnya. Dan dia masih membaca mengulang² ayat tersebut;

فَلَمَّا رَأَوْهُ زُلْفَةً سِيئَتْ وُجُوهُ الَّذِينَ كَفَرُوا وَقِيلَ هَٰذَا الَّذِي كُنْتُمْ بِهِ تَدَّعُونَ

Ketika mereka melihat azab (pada hari kiamat) sudah dekat, muka orang-orang kafir itu menjadi muram. Dan dikatakan (kepada mereka) inilah (azab) yang dahulunya kamu selalu meminta-mintanya.

وقال ابن عباس : من صلى ركعتين أو أكثر بعد العشاء فقد بات لله ساجدا وقائما." [69]

▪ Ibnu ‘Abbas _radhiyallahu ‘anhuma_ berkata, “Barangsiapa yang shalat malam sebanyak dua raka’at maka ia dianggap telah bermalam karena Allah Ta’ala dengan sujud dan berdiri.” (At Tibyan: 95)

وقال القاسم بن أبي أيوب: «سمعت ابن جبير يردد هذه الآية في الصلاة بضعًا وعشرين مرة: ﴿وَاتَّقُوا يَوْمًا تُرْجَعُونَ فِيهِ إِلَى اللَّهِ﴾ [سورة البقرة الآية: 281]» [70]

▪ Qosim bin Abi Ayub berkata ; "aku mendengar Ibnu Jubair mengulag² ayat ini dalam satu sholat selalu membaca 20 kali diulang: ((dan takutlah akan suatu hari yang kalian dikembalikan kepada Allah))"

يا رب، ما للذنب غيرك غافر
وإليك منه يا إلهي المفزع
يا رب عبدك ضارع فاغفر له
ما لم يزل يدعوك فيه ويضرع. [71].

▪ Yaa Rabb, tiada yang bisa mengampuni dosa selain Engkau
KepadaMu wahai Ilaahi tempatku mengadu
Yaa Rabb hambaMu ini menghinakan diri maka ampunilah...

قيل لبعضهم: كيف الليل عليك؟ فقال: ساعة أنا فيها بين حالتين، أفرح بظلمته إذا جاء وأغتم بفجره إذا طلع، ما تم فرحي به قط. [72]

▪ Ada sebagian dikatakan kepada mereka; "bagaimanakah kamu lewati malammu?" Maka dijawab: "aku melalui dalam setiap saat di malamku antara dua hal; aku bergembira dengan datang kegelapannya dan aku bersedih apabila menyingsing fajarnya. Itu saja"

وقال وهب بن الورد في نداء حار وكلمات مؤثرة: إن استطعت ألا يسبقك إلى الله أحد فافعل. [73]

▪ Wahab ibnul Warod berkata dengan ucapan yang menggetarkan jiwa ; "Jika kamu mampu untuk TIDAK BISA DIKALAHKAN oleh seseorang dalam (beribadah) kepada Allah, lakukan !!"

▪ Saudaraku....
Lihatlah kesungguhan para salaf umat ini dalam beribadah, lalu bandingkan dengan dirimu. Dimanakah perbandingan itu?

قال قتادة: إن الملائكة تفرح بالشتاء للمؤمن، يقصر النهار فيصومه ويطول الليل فيقومه.
وذكر أن عامرًا لما حضر جعل يبكي.. فقالوا: ما يبكيك يا عامر؟! قال: ما أبكي جزعًا من الموت ولا حرصًا على الدنيا ولكني أبكي على ظمأ الهواجر وقيام الشتاء. [74]

▪ Qotadah berkata;
"Sesungguhnya malaikat bangga terhadap seorang mukmin di musim dingin, yang siangnya lebih pendek maka mereka berpuasa, namun malamnyavlebih panjang mereka berdiri tahajjud."
Diriwayatkan bahwa 'Amir tatkala menjelang wafat menangis. Mereka bertanya kepadanya: apa yang membuatnu menangis? 'Amir menjawab: "aku tidak menangis sedih karena akan mati ataupun sebab ambisi dunia. Namun aku menangisi atas rasa dahaga puasa musim panas dan panjangnya berdiri sholat di musim dingin"

ولما رأى المتيقظون سطوة الدنيا بأهلها، وخداع الأمل لأربابه، وتملك الشيطان وقيادة النفوس، ورأوا الدولة للنفس الأمارة لجئوا إلى حصن التضرع والالتجاء. [75].

▪ Tatkala orang² yang bangun malam mengetahui akan banyaknya tipu daya dunia dan penduduknya, tipuan panjang angan², jeratan setan dan tipu dayanya, hasungan nafsu yang mengajak keburukan, maka mereka memohon perlindungan menuju benteng tadzarru' di (sholat malamnya).

___________________________________
Maroji' :
[51]) السير 5/42، صفة الصفوة 2/285.
[52]) عقود اللؤلؤ والمرجان 270.
[53]) السير 5/302.
[54]) الإحياء 1/420.
[55]) رهبان الليل 37.
[56]) السير 5/406، صفة الصفوة 3/113
[57]) بستان العارفين 4.
(*) يعني في الجنة.
[58]) الزهر الفائح 20.
[59]) الإحياء 4/435.
[60]) مختصر قيام الليل ص.67
[61]) الفوائد 65.
[62]) فتح المعيث (I/311).
[63]) كتاب الزهد الكبير للبيهقي 195.
[64]) صفة الصفوة 3/127.
[65]) غداء الألباب؛ 2/498)
[66]) المستدرك (II/414).
[67]) تاريخ بغداد 13/357.
[68]) حلية الأولياء 3/29.
[69]) التبيان: 95)
[70]) صفة الصفوة 3/77.
[71]) عقود اللؤلؤ 51.
[72]) الإحياء 1/423.
[73]) رهبان الليل 36.
[74]) الزهد للإمام أحمد بن حنبل 323.
[75]) الفوائد 62.
Yaa Rabb berilah kami kemampuan untuk Qiyamul lail. Semoga bermanfaat. Amiin.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar