*TAHAJJUD SALAF (6)*

كانت أم الربيع بن خثيم إذا رأت قلقه بالليل قالت: يا بني لعلك قتلت قتيلاً، فيقول... يا أماه قتلت نفسي. [26]

وقالت أم عزوان له: أما لفراشك عليك حق؟! أما لنفسك عليك حق؟ قال: يا أماه… إنما أطلب راحتها، أبادر طي صحيفتي. [27]

شداد بن أوس فإنه إذا دخل الفراش يتقلب على فراشه لا يأتيه النوم، فيقول: اللهم إن النار أذهبت النوم فيقوم فيصلي حتى يصبح. [28]

يناجون رب العالمين إلههم
فتسري هموم الدنيا والناس نوم. [29]
Mereka bermunajat kepada Rabb semesta alam tuhan manusia. Maka segala kekhawatiran dunia sirna saat manusia sedang tertidur.
صام منصور بن المعتمر أربعين سنة وقام ليلها وكان يبكي، فتقول له أمه: يا بني قتلت قتيلاً؟ فيقول: أنا أعلم بما صنعت بنفسي، فإذا كان الصبح، كحل عينه، ودهن رأسه، وبرق شفتيه (*) وخرج إلى الناس. [30]
Manshur bin Muktamar puasa selama 40 tahun, dan sering sholat malam sampai menangis. Maka ibunya menegurnya: wahai anakku, engkau membahayakan (kesehatan/) dirimu. Manshur : saya lebih mengetahui tentang apa yang harus kulakukan bagi diriku, ibu. Dan ketika sholat subuh hendak tiba, dia mencelaki matanya, meminyaki rambutnya, membasahi mulutnya, lalu keluar menuju manusia.
* حين سألت ابنة الربيع بن خثيم أباها: يا أبتاه الناس ينامون ولا أراك تنام؟ قال: يا بنية إن أباك يخاف السيئات. [31]
Anak putri Robi' bin Khutsaim bertanya: wahai ayah, orang- orang pada tidur di malam hari, tapi aku tidak melihatmu tidur. Robi' berkata ; "wahai putriku, ayahmu takut keburukan"."
فقد كان أحدهم وهو بشر الحافي لا يزال مهمومًا فقيل له في ذلك، فقال: إني مطلوب وكان لا ينام الليل .. وكان يقول: أخاف أن يأتيني أمره وأنا نائم. [32]
Di antara ahli ibadah ada yang sedikit tidur di malam hari, menyibukkan diri dengan ibadah. Tatkala ditanya mengapa melakukan demikian dia berkata ; "aku takut keputusan Allah (kematian) datang kepadaku sedangkan aku dalam keadaan tidur"
وقالت ابنة لعامر بن عبد قيس: ما لي أرى الناس ينامون ولا أراك تنام؟ فقال: يا بنية إن جهنم لا تدع أباك ينام. [33]
Putri Amir bin Abdi Qois bertanya: aku tidak melihatmu tidur, padahal orang² terlelap tidur. Maka dia berkata ; "wahai anakku, sesungguhnya neraka jahannam menyebabkan ayahmu tidak bisa tidur"
ألا يا عين ويحك أسعديني
بطول الدمع في ظلم الليالي
لعلك في القيامة أن تفوزي
بخير الدهر في تلك العلالي. [34]
Wahai mata- mata celaka, bantulah diriku dengan banyak menangis dalam gelapnya malamku. Semoga engkau di hari kiamat kelak menjadi beruntung dengan kebaikan setahun..."
مالك بن دينار وهو يقول: لو استطعت أن لا أنام لم أنم، مخافة أن ينزل العذاب وأنا نائم، ولو وجدت أعوانًا لفرقتهم ينادون في منار الدنيا كلها يا أيها الناس: النار النار. [35]
Malik bin Dinar berkata ; "seandainya aku mampu untuk tidak tidur niscaya aku tidak akan tidur. Aku sangat takut tertimpa adzab sementara aku sedang tidur. Seandainya aku bisa dapatkan pembantu tentu aku akan perintah mereka menyeru di seluruh tempat² tinggi memperingatkan: wahai manusia...(waspadalah) : neraka... neraka !!
وحتى سماع هذه النذير إذا بقي الأمر دون جد ووثبة قوية فهو كما
قال هرم بن حبان: لم أر مثل النار نام هاربها ولم أر مثل الجنة نام طالبها. [36]
Harom bin Hibban berkata: "aku tidak pernah melihat seperti neraka yang orang takut darinya justru tidur, aku tidak pernah melihat seperti surga, yang orang berharap memasuki justru tidur"
قال أبو سفيان الداراني: من صفى صفي له، ومن كدر كدر عليه. ومن أحسن في ليله كوفئ في نهاره ومن أحسن في نهاره كوفئ في ليله. [37]
Abu Sofyan Addaroniy berkata:
"Siapa yang suci akan disucikan baginya, siapa yang kotor maka akan dapat kotor dia. Barangsiapa yang memperbagusi malamnya niscaya akan dicukupi pada siangnya. Barangsiapa yang memperbagusi hati di siangnya niscaya akan dicukupi pada malamnya"
SEBAB TERBESAR PENGHALANG SESEORANG DARI QIYAMUL LAIL
ذكر ذلك الحسن بقوله: إن الرجل ليذنب الذنب فيحرم به قيام الليل. [38]
Qiyamul Lail merupakan karunia agung, keutamaan besar. Seorang yang pendoaa akan terhalang darinya. Dikatakan kepada imam Hasan alBashri; seseorang berat melakukan sholat lail. Maka beliau jawab: karena dosa"
وقال سفيان الثوري: حرمت قيام الليل بذنب أحدثته منذ خمسة أشهر. [39]
Sufyan atTsauri berkata ; "aku terhalang tidak melakukan sholat malam karena dosa yang pernah aku lakukan sejak lima bulan"
Dengan jelas bahwa seorang yang banyak melakukan dosa dan maksiat akan terhalang dari sholat malam. Berat akan melakukannya.
الفضيل بن عياض فقال: إذا لم تقدر على قيام الليل، وصيام النهار فاعلم أنك محروم كبلتك خطيئتك. [40]
Fudzail bin iyadh berkata ; "jika kalian tidak mampu melakukan qiyamul lail dan puasa siang hari maka ketahuilah: bahwa kalian terhalang oleh dosa- dosamu."
وحين اشتكى شاب إلى الحسن عدم قيامه الليل قال له الحسن قيدتك خطاياك. [41]
Tatkala ada seorang pemuda mengeluh kepada AlHasan tentang berat sekali sholat malam, maka AlHasan berkata: engkau terikat dengan dosa²mu.
Barangsiapa yang menjauhi maksiat dan dosa- dosa niscaya Allah akan membantunya melakukan kebaikan² dan ketaatan. Sholat malam adalah tradisi orang² sholih. Kalau tidak sholat malam, artinya kalau tidak pernah sholat malam "kesholihannya" kurang.
بشر بن الحارث عندما قال: لا تجد حلاوة العبادة حتى تجعل بينك وبين الشهوات سدًا. [42]
Bisyr bin Harits berkata ; "kalian tak akan mendapati lezatnya ibadah sampai kalian membuat dinding pembatas antara dirimu dan syahwat/ keinginan nafsumu"
فإن من تحرى الخير وجده، ومن بحث عن الطريق لقيه، ومن أقبل على الله أعانه وسدده.
Siapa yang cari kebaikan, niscaya mendapatkan. Siapa cari jalan akan menemukan. Siapa yang berusaha kepada Allah, niscaya Allah beri kemudahan.
همتك احفظها بقيام الليل، فإن الهمة مقدمة الأشياء فمن صلحت له همته وصدق فيها، صلح له ما وراء ذلك من الأعمال ويمثل لها ابن القيم بمثل لطيف فيقول مثل القلب مثل الطائر كلما علا، بعد عن الآفات، وكلما نزل احتوشته الآفات. [43]
Jagalah tekadmu agar selalu kuat untuk sholat malam. Sebab manakala semangat hati itu terjaga di awal, maka akan mudah sampai akhir. Ibnul Qoyim mengumpamakan analagi hati itu seperti burung. Semakin tinggi terbang, niscaya akan jauh dari bahaya. Tapi kalau burung itu selalu di rendah², niscaya akan semakin rawan bahaya. Demikian pula hati. Jika orientasinya rendahan maka akan dekat dengan bahaya.
قال أبو عصمة بن عصام البيهقي: «بت ليلة عند أحمد بن حنبل، فجاء بالماء فوضعه فلما أصبح نظر في الماء فإذا هو كما كان، فقال: سبحان الله رجل يطلب العلم لا يكون له ورد بالليل!!
Abu Ishmah alBaihaqiy berkata ; "aku pernah bermalam di rumahnya Ahmad bin Hanbal, maka dia membawa air. Diletakkan air itu. Tatakala pagi dia melihat air itu sebagaimana sediakala (tidak dipakai wudhu). Maka imam Ahamd berkata: subhanallah, pelajar mempelajari ilmu tapi tidak wirid malam"
نداء سفيان الثوري الذي كان يصلي ثم يلتفت إلى الشباب فيقول: إذا لم تصلوا اليوم فمتى؟! [44]
Lihatlah para pemuda yang kuat- kuat di hari ini. Bisa olah raga berjam- jam. Stamina dan tubuh yang energik. Kekar dan bertenaga, bahkan jagoan fighter. Tapi kemana tenaga mereka saat malam tiba.? Maka teringat ucapan Imam Sufyan atTsauri ketika menasehati para pemuda dengan berkata ; "wahai pemuda, sholatlah kalian (mumpung selagi muda), jika tidak, kapan lagi ? Apa menunggu tua saat berdiri pun sudah bergetar, jalan ke mesjid sudah sempoyongan, nafas sudah senin- kamis, baru mau sholat malam??
وقد ذكر إبراهيم بن شماس أحمد بن حنبل فقال: كنت أعرف أحمد بن حنبل وهو غلام وهو يحيي الليل. [45]
Ibrohim bin Syammas berkata tentang kepribadian imam Ahmad ; "aku mengenal Ahmad sehak muda, dia terbiasa sejak muda menghidupkan malamnya dengan sholat"
من لم يقم للجد قبل مشيبه
وخمود سريه فليس بقائم. [46]
Barangsiapa yang tidak berusaha sungguh² qiyamul Lail sebelum masa tua / beruban, maka tidak akan bisa dia qiyamul lail.
قال شميط بن عجلان موضحًا ذلك التفاوت: إن الله –عز وجل- جعل قوة المؤمن في قلبه ولم يجعلها في أعضائه، ألا ترون أن الشيخ يكون ضعيفًا يصوم الهواجر ويقوم الليل، والشاب يعجز عن ذلك.. [47]
Syamit bin Ajlan berkata: "Sesungguhnya Allah ta'ala menjadikan kekuatan seorang mukmin pada hatinya bukan di anggota tubuhnya. Bukankah kau lihat ada orang tua kakek² tapi bisa berpuasa siang hari, mampu sholat di malam hari. Sementara para pemuda lemah melakukan hal seperti itu..."
وكان بعض العلماء قد جاوز المائة سنة وهو ممتع بقوته وعقله، فوثب يومًا وثبة شديدة، فعوتب في ذلك فقال: هذه جوارح حفظناها عن المعاصي في الصغر فحفظها الله علينا في الكبر. [48]
Terdapat sebagian ulama yang usia mereka melampaui 100 tahun. Namun mereka masih bisa menikmati kekuatan dan kesempurnaan akalnya yang tetap fresh. Padahal banyak orang di usia seperti itu pasti sudah loyo dan pikun. Ketika ada yang takjub dipertanyakan hal itu. Ulama' tersebut menjawab : anggota badanku ini aku jaga dari maksiyat sejak muda, maka Allah yang tetap menjaganya saat aku lansia"
وقال بعض العلماء في كلمات صادقة: ليس في الدنيا وقت يشبه نعيم أهل الجنة، إلا ما يجده أهل التملق في قلوبهم بالليل من حلاوة المناجاة. [49]
Sebagian ulama berkata dengan perkataan yang baik : "di dunia ini tidak ada yang mirip dengan nikmatnya para penduduk surga, melainkan nikmat yang dirasakan oleh para ahli ibadah di malam hari dengan manisnya munajat"
وكان ابن مسعود - رضي الله عنه - إذا هدأت العيون قام فيسمع له دوي كدوي النحل حتى يصبح. [50]
Ibnu Mas'ud berkata : "apabila mata tidak mengantuk maka beliau berdiri untuk mengerjakan shalat malam. Maka akan terdengar darinya dengungan seperti dengungan lebah sampai waktu subuh."
__________________________________
Maroji' :
[26]) المدهش 443.
[27]) مختصر قيام الليل 27.
[28]) صفة الصفوة 1/709.
[29]) صفة الصفوة 3/380.
(*) وذلك حتى لا يظهر عليه أثر الجهد والسهر خوفًا من الرياء.
[30]) السير 5/406، صفة الصفوة 3/162.
[31]) الزهد للإمام أحمد بن حنبل 469.
[32]) الزهر الفائح 18.
[33]) الزهد 316.
[34]) صفة الصفوة 4/59.
[35]) صفة الصفوة 3/286.
[36]) الزهد للإمام أحمد بن حنبل 332.
[37]) صيد الخاطر 34.
[38]) الإحياء 10/4420
[39]) حلية الأولياء 7/17.
[40]) السير 8/435، الإحياء 1/420.
[41]) صفة الصفوة 3/235.
[42]) السير 10/473.
[43]) الجواب الكافي 70.
[44]) حلية الأولياء 7/59.
[45]) السير 11/8.
[46]) عقد اللؤلؤ والمرجان 269.
[47]) صفة الصفوة 3/341، حلية الأولياء 3/130.
[48])جامع العلوم والحكم 226.
[49]) الإحياء 1/423.
[50]) الإحياء 1/419.
Yaa Rabb berilah kami kamampuan Qiyamul Lail. Semoga bermanfaat. Amiin.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar