Abu Hasan

مجموعة الاسلامية على نهج سلف الأمة

Senin, 04 Januari 2021

WARO' (14)

 *UCAPAN ULAMA' DALAM HAL WARA'*


🔶 Berkata Abu Darda' ¢ :

(تمام التقوى أن يتقي الله العبد، حتى يتقيه من مثقال ذرة، وحتى يترك بعض ما يرى أنه حلال، خشية أن يكون حراما، حجابا بينه وبين الحرام (رواه ابن المبارك في ((الزهد)) (2/ 19)،

"Kesempurnaan taqwa adalah seorang hamba bertaqwa kepada Allah sampai dia bertaqwanya sampai seperti sekecil dzarrah, juga meninggalkan sebagian yang sebenarnya halal, karena takut hal tersebut (berpotensi) haram, karena dia ingin menghalangi antara dirinya dengan yang haram"

🔶 Berkata alHasan :

مازالت التقوى بالمتقين حتى تركوا كثيرا من الحلال مخافة الحرام. وأبو نعيم في ((الحلية)) (1/ 212)،

"Tidak henti²nya ketaqwaan pada seorang muttaqin, sampai dia meninggalkan banyak sesuatu yang halal, lantaran takut karena khawatir haram"

🔶 Berkata imam Attsauri :

إنما سموا المتقين لأنهم اتقوا مالا يتقى وروي عن ابن عمر قال: إني لأحب أن أدع بيني وبين الحرام سترة من الحلال لا أخرقها. (وابن عساكر في ((تاريخ دمشق)) (47/ 160).

"Sesungguhnya dinamakan muttaqin itu karena mereka berhati² dengan apa- apa yang banyak orang tidak berhati² terhadap nya"

🔶 Berkata Maimun bin Mahron :

لا يسلم للرجل الحلال حتى يجعل بينه وبين الحرام حاجزا من الحلال.

"Tidak akan selamat bagi seseorang dari yang halal sampai dia menjadikan antara dirinya dengan yang haram penghalang dari yang halal"

🔶 Berkata سفيان بن عيينة :
لا يصيب عبد حقيقة الإيمان حتى يجعل بينه وبين الحرام حاجزا من الحلال، وحتى يدع الإثم وما تشابه منه) (فتح الباري)) لابن رجب (1/ 205).

"Seorang hamba tidak akan mencapai hakekat iman sehingga dia menjadikan antara dirinya dengan yang haram suatu penghalang dari yang halal, sampai dia meninggalkan dosa dan apa yang mirip² syubhat dengannya (dosa)"

🔶 Berkata إبراهيم بن أدهم :

الورع ترك كل شبهة، وترك مالا يعنيك هو ترك الفضلات.

"Wara' adalah meninggalkan setiap syubhat, dan meninggalkan apa² yang tidak bermanfaat, yakni meninggalkan yang berlebih²an"

🔶 Berkata الشبلي:

الورع أن يتورع عن كل ما سوى الله. وقال إسحاق بن خلف: الورع في المنطق أشد منه في الذهب والفضة، والزهد في الرياسة أشد منه في الذهب والفضة، لأنهما يبذلان في طلب الرياسة.

"Wara' adalah meninggalkan dari setiap hal selain Allah, dan Ishaq bin kholaf berkata: wara' dalam berbicara lebih susah dibandingkan wara' dari harga emas maupun perak, zuhud dalam kepemimpinan itu lebih berat lagi daripada zuhud dari emas dan perak, karena keduanya dipakai /digunakan untuk mencari kepemimpinan/ ketokohan"

🔶 Berkata أبو سليمان الداراني :

الورع أول الزهد، كما أن القناعة أول الرضا.

"Wara' itu awal zuhud, sebagaimana qona'ah adalah awal ridha"

🔶 Berkata يحيى بن معاذ :

الورع الوقوف على حد العلم من غير تأويل. وقال: الورع على وجهين. ورع في الظاهر، وورع في الباطن، فورع الظاهر أن لا يتحرك إلا لله، وورع الباطن هو أن لا تدخل قلبك سواه. وقال: من لم ينظر في الدقيق من الورع لم يصل إلى الجليل من العطاء.

"Wara' adalah berhenti sesuai pada batasan ilmu tanpa mentakwil, Yahya bin Muad juga berkata: wara' itu ada dua macam yakni lahir dan batin. Wara' secara lahiriyah yaitu tidak bergerak kecuali karena Allah. Wara' batin yakni engkau tidak memasukkan ke dalam hatimu selain Allah. Dia juga berkata: siapa yang tidak melihat wara' dengan terperinci maka dia tidak akan sampai kepada rasa syukur akan besarnya karunia "

🔶 Berkata asSalaf :

- وقيل: الورع الخروج من الشهوات، وترك السيئات.

"Dikatakan pula: wara' adalah keluar dari syahwat² dan meninggalkan keburukan²"

🔶 Berkata يونس بن عبيد:

الورع الخروج من كل شبهة، ومحاسبة النفس في كل طرفة عين.

"Wara' adalah keluar dari setiap syubhat, selalu intropeksi diri dalam setiap kedipan mata"

🔶 Berkata سفيان الثوري :

ما رأيت أسهل من الورع، ما حاك في نفسك فاتركه.

"Tidaklah aku melihat sesuatu yang lebih mudah daripada wara', (yakni) apa yang meragukan bagi dirimu tinggalkanlah !"

🔶 Berkata سهل:

"وسأل الحسن غلاما. فقال له: ما ملاك الدين؟ قال: الورع. قال: فما آفته؟ قال: الطمع. فعجب الحسن منه.

"Al Hasan pernah bertanya kepada seseorang, dia berkata: apakah itu para malaikat agama? Pemuda tersebut menjawab : (sikap) wara'. AlHasan: dan apakah penghancurnya : serakah (tamak), maka AlHasan pun takjub kepadanya"

🔶 Berkata الحسن :

مثقال ذرة من الورع خير من ألف مثقال من الصوم والصلاة. (مدارج السالكين: ج 2 ص 22)

"Sekecil dzarrah dari sikap wara' LEBIH BAIK daripada seribu mitsqal dari puasa dan sholat" (Madarijus Salikin: 22)

🔶 Berkata الحسن البصري
(أفضل العلم الورع والتوكل.

"Sebaik-baik ilmu adalah wara' dan tawakkal"

🔶 Berkata سفيان الثوري رحمه الله :
عليك بالورع يخفف الله حساب، ودع ما يريبك إلى ما لا يريبك، وادفع الشك باليقين يسلم لك دينك. (الورع لابن أبي الدنيا ج 1 ص 112، وحلية الأولياء ج 7 ص 20)

"Wajib bagi kalian bersifat wara', niscaya akan Allah ringankan hisabmu, tinggalkan apa yang meragukanmu kepada yang tidak meragukan, tolaklah keraguan dengan yakin maka selamatlah agamamu"

🔶 Berkata الشافعي رحمه الله :

زينة العلم الورع والحلم.

"Hiasan ilmu adalah wara' dan sikap lembut"

🔶 Berkata إسحاق بن خلف رحمه الله :
الورع في المنطق أشد منه في الذهب والفضة. (المدخل إلى السنن الكبرى : ج 1 ص 32)

"Wara' dalam berbicara lebih susah daripada wara' dalam emas dan perak"

🔶 Berkata أبو هريرة رضي الله عنه :
جلساء الله غدًا أهل الورع والزهد. (مدارج السالكين ج 2 ص 22)

"Majelis² Allah kelak adalah bersama orang² yang wara' dan zuhud"

🔶 Berkata بعض الصحابة رضي الله عنهم:
كنا ندع سبعين بابًا من الحلال مخافة أن نقع في باب الحرام. (الرسالة القشيرية ج 1 ص 146)

"Kami meninggalkan 70 pintu tentang halal lantaran takut terjatuh kepada satu bab yang haram"

🔶 Berkata حبيب رحمه الله (يعني ابن أبي ثابت رحمه الله :
لا يعجبكم كثرة صلاة امرئ ولا صيامه، ولكن انظروا إلى ورعه، فإن كان ورعًا مع ما رزقه الله من العبادة فهو عبد لله حقًا. (الورع لابن أبي الدنيا ج 1 ص 60، ونثر الدرر ج 1 ص 138)

"Janganlah sampai membuatmu terkesima/ takjub akan banyaknya sholat dan puasa seseorang, akan tetapi lihatlah kepada wara'nya. Jika dia orang yang wara' bersama ibadahnya maka dialah hamba Allah yang sebenarnya"

🔶 Berkata طاووس رحمه الله :
مثل الإسلام كمثل شجرة، فأصلها الشهادة، وساقها كذا وكذا، وورقها كذا – (شيء سماه) وثمرها الورع، لا خير في شجرة لا ثمر لها، ولا خير في إنسان لا ورع له. (الزهد الكبير ج 1 ص 311)

"Permisalan Islam itu seperti sebuah pohon, akarnya adalah syahadat, batang, rantingnya adalah yang ini dan ini...daunnya adalah yang ini dan ini..dan BUAHnya adalah wara'. Tidak ada kebaikan bagi pohon yang tiada buah. Demikianlah; tiada kebaikan bagi seseorang yang tidak punya wara'"

🔶 Berkata بعض السلف :
لا يبلغ العبد حقيقة التقوى حتى يدع ما لا بأس به حذرا مما به بأس.

"Seorang hamba tidak akan mencapai hakekat ketaqwaan sampai dia meninggalkan sesuatu yang sebenarnya tidak mengapa, hanya saja dia khawatir sesuatu tersebut sebagai sesuatu yang dilarang"

🔶 Ibnul Qoyyim _rahimahullâhu_ berkata :

قد جمع النبي ﷺ الورع كله في كلمة واحدة فقال :

Nabi ﷺ telah menghimpun seluruh sikap waro' (kehati²an di dalam perbuatan haram) dalam satu kalimat, yaitu sabda Nabi ﷺ :

[ من حسن إسلام المرء تركه ما لا يعنيه ]

🔶 Diantara bentuk baiknya keislaman seseorang adalah meninggalkan apa yang tidak bermanfaat baginya

فهذا يعم الترك لما لا يعني :

Hal ini umum, mencakup semua hal yang tidak bermanfaat, termasuk :

➊ من الكلام

Ucapan
➋ والنظر

Pengelihatan
➌ والاستماع

Pendengaran
➍ والبطش

Kekuatan
➎ والمشي

Perjalanan
➏ والفكر.

Pikiran

وسائر الحركات الظاهرة والباطنة !!
فهذه الكلمة كافية شافية في الورع

Dan seluruh gerakan, baik lahir atau batin.
Kalimat ini sudah memadai dan mencukupi untuk menjelaskan *al-Waro'*
(Madârijus Sâlikîn: II/21l)

🔶 Berkata الشافعي -رحمه الله :
■ أصل العلم التثبيت، وثمرته السلامة ..
■ وأصل الورع القناعة، وثمرته الراحة ..
■ وأصل العمل التوفيق، وثمرته النجح ..
● وغاية كل أمر الصدق.
[[ سير أعلام النبلاء ١٠/ ٤١ ]].

■ Akar (pokok) ilmu adalah mengambil dari yang kredibel/ terpercaya, buahnya adalah keselamatan
■ Akar (pokok) wara' adalah qona'ah, buahnya adalah ketentraman
■ Akar (pokok) amal adalah taufiq, buahnya adalah keberuntungan
● puncak dari setiap perkara adalah kejujuran"


اللهم ارزقنا الورع
Semoga bermanfaat. Amiin.
أبو حسن
.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar