Abu Hasan

مجموعة الاسلامية على نهج سلف الأمة

Minggu, 17 Maret 2019

Wajibnya Tamassuk (berpegang Kuat Agama)

*WAJIB TAMASUK*

*IMAM AS-SYAFI'I*
(Pendiri madzhab Syafi'i)

🎈 Imam AsSyafi'i berkata :

1- "إذا صح الحديث فهو مذهبي" [ابن عابدين في "الحاشية" 1 / 63].

"Apabila hadits itu shahih maka ia adalah madzhab (pendirian)ku".

🎈 Imam Syafi'i berkata :

لا يحل لأحد أن يأخذ بقولنا ما لم يعلم من أين أخذناه" [ابن عابدين في "حاشيته على البحر الرائق" 6 / 293]،

"Tidak halal bagi seseorang untuk mengambil pendapat kami selama ia tidak mengetahui dari mana kami mengambil".

🎈 Imam Syafi'i berkata :

"حرام على من لم يعرف دليلي أن يفتي بكلامي"،

"Haram bagi seseorang yang tidak mengetahui dalilku untuk berfatwa dengan perkataanku".

🎈 Imam asSyafi'i dalam riwayat lain berkata :

زاد في رواية: "فإننا بشر نقول القول اليوم ونرجع عنه غدا".

"Aku ini hanya manusia, kami mengatakan suatu ucapan hari ini dan besuk (bisa jadi) kami akan rujuk ulang kembali darinya"

Sehingga pendapat beliau pun dikenal ada dua; qoul qodim (pendapat yang lama) ketika di Mesir dan qoul jadid (:pendapat beliau yang baru) ketika di Bashrah.

الإمام الشافعي رحمه الله فالقول عنه في ذلك أكثر

Imam asSyafi'i _rahimahullah_ maka ucapannya mengenai hal itu (:yaitu wajibnya berpegang kepada ucapan nabi) banyak.

🎈 Imam Syafi'i berkata :

"ما من أحد إلا وتذهب عليه سنة لرسول الله صلى الله عليه وسلم وتعزب عنه فمهما قلت من قول أو أصلت من أصل فيه عن رسول الله صلى الله عليه وسلم لخلاف ما قلت فالقول ما قال رسول الله صلى الله عليه وسلم وهو قولي) . (تاريخ دمشق لابن عساكر 15 / 1 / 3)

“Tidak seorang pun melainkan harus mengikuti sunnah Rasulullah _shallallahu ‘alaihi wasallam_ apapun pendapat yang aku ucapkan atau ushul yang aku susun. Dan jika ada yang aku ucapkan menyelisihi dari sabda Rasulullah [] maka apa yang disabdakan Rasulullah [] itulah pendapatku.” [Tarikh Damaskus Ibnu Asakir (15/1/3)]

لاَ يَحِلُّ لِأَحَدٍ أَنْ يَأْخُذَ بِقَولِنَا مَا لَمْ يَعْلَمْ مِنْ أَيْنَ أَخَذْنَاهُ * فإِنَّنَا بَشَرٌ نَقُولُ القَولَ اليّومَ ونَرْجِعُ عَنْهُ غَدًا

“Tidak halal bagi seseorang mengikuti perkataan kami bila ia tidak tahu dari mana kami mengambilnya. Kami hanyalah manusia yang bisa berucap suatu perkataan hari ini lalu kami tarik kembali (:ucapan tsb) besuk” [Ibnu Abdil Barr dalam al-Intiqaa` dalam Fadhaa`il ats-Tsalatsah al-A`immah al-Fuqahaa` (hlm. 145) Ibnu Qayyim al-Jauziyyah dalam I’laamu al-Muwaq’iin (hlm. 2/309) dan Ibnu Abidin dalam catatan-kakinya terhadap kitab al-Bahrur Raa`iq (6/293)]

🎈 Dalam riwayat lainnya:

حَرَامٌ عَلَى مَنْ لَمْ يَعْرِفْ دَلِيْلِي أَنْ يُفْتِيَ بِكَلَامِي

“Haram bagi seseorang menggunakan pendapatku untuk memberikan fatwa dengan perkataanku.”

🎈 Ditambah satu riwayat:

فإِنَّنَا بَشَرٌ نَقُولُ القَولَ اليّومَ ونَرْجِعُ عَنْهُ غَدًا

“Sesungguhnya kami adalah manusia, hari ini berbicara seperti ini esok hari kami tarik kembali perkataan itu.” (I’laamu al-Muwaq’iin (hlm. 2/309)

🎈 Dan dalam riwayat lainnya:

وَيْحَكْ يَا يَعْقُوبَ! (هو أَبُو يُوسُف) لَا تَكْتُبْ كُلَّ مَا تَسْمَعُ مِنِّي فَإِنِّي قَدْ أَرَى الرَّأْيَ الْيَومَ وَ أَتْرُكُهُ غَدًا وَأَتْرُكُهُ بَعْدَ غَدًا

“Celakalah wahai Ya’qub! (Abu Yusuf) janganlah engkau menulis segala apa yang engkau dengar dariku, sesungguhnya bisa jadi aku berpendapat dengan suatu pendapat pada hari ini, lalu esok aku tinggalkan, dan bisa jadi aku berpendapat dengan suatu pendapat esok lalu setelah esoknya aku tinggalkan pendapat itu.”

🎈 Imam Syafi'i berkata :

"أجمع المسلمون على أن من استبان له سنة عن رسول الله صلى الله عليه وسلم لم يحل له أن يدعها لقول أحد" [الفلاني ص 68]

"Kaum muslimin telah sepakat bahwasanya: barangsiapa yang telah jelas baginya satu sunnah dari Rosulullah [] maka tidak halal baginya untuk meninggalkannya hanya gara- gara pendapat seseorang."

🎈 Imam Muhammad bin Idris asSyafi'i berkata :

إذا وجدتم في كتابي خلاف سنة رسول الله صلى الله عليه وسلم فقولوا بسنة رسول الله صلى الله عليه وسلم ودعوا ما قلت) . (وفي رواية (فاتبعوها ولا تلتفتوا إلى قول أحد) . (النووي في المجموع 1 / 63)

“Jika kalian mendapatkan dalam kitabku sesuatu yang menyelisihi perintah Rasulullah [] maka ambilah sabda Rasulullah _shallallahu ‘alaihi wasallam_ dan tinggalkan perkataanku (dalam satu riwayat: ikutilah sunnah dan janganlah menoleh kepada perkataan siapapun).” [An-Nawawi dalam al-Majmuu’ (1/63)]

🎈 Imam Muhammad bin Idris asSyafi'i berkata kepada imam Ahmad :

أنتم أعلم بالحديث والرجال مني فإذا كان الحديث الصحيح فأعلموني به أي شيء يكون: كوفيا أو بصريا أو شاميا حتى أذهب إليه إذا كان صحيحا) . (الخطيب في الاحتجاج بالشافعي 8 / 1

“Engkau (Ahmad bin Hambal) lebih mengetahui hadits dan para perawinya daripada aku, jika hadits itu shahih maka beritahukanlah kepadaku di mana pun perawinya berada, baik itu di Kuffah, Bashrah, atau Syam maka aku akan berpendapat dengannya jika hadits itu shahih.” [Al-Khathib dalam al-Ihtijaj bisy-Syafi’i i (1/8), perkataan ini ditujukan kepada Imam Ahmad bin Hanbal sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dalam kitab Adabusy Syafi’i (hlm.94-95) dan Abu Nu’aim dalam al-Hilyah (9/106)]

🎈 Imam Muhammad bin Idris asSyafi'i berkata :

كل مسألة صح فيها الخبر عن رسول الله صلى الله عليه وسلم عند أهل النقل بخلاف ما قلت فأنا راجع عنها في حياتي وبعد موتي (أبو نعيم في الحلية 9 / 107

“Setiap permasalahan yang shahih di dalamnya khabar dari Rasulullah _shallallahu ‘alaihi wasallam_ menurut ahli hadits menyelisihi apa yang aku ucapkan maka aku rujuk baik tatkala aku masih hidup maupaun tatkala aku sudah wafat.” [Abu Nu’aim dalam al-Hilyah (9/107)]

🎈 Imam Muhammad bin Idris asSyafi'i berkata :

(إذا رأيتموني أقول قولا وقد صح عن النبي صلى الله عليه وسلم خلافه فاعلموا أن عقلي قد ذهب) . (ابن عساكر بسند صحيح 15 / 10 / 1)

“Jika kalian melihat saya mengeluarkan suatu pendapat dan ada hadits dari Nabi _shallallahu ‘alaihi wa sallam_ yang menyelisihinya ketahuilah bahwa pendapatku telah hilang (:tidak dianggap).” [Ibnu Abi Hatim dalam Adabusy Syafi’i (hlm. 93) Abu Nu’aim dalam al-Hilyah (9/106) Ibnu Asakir dengan sanad yang shahih (15/10/1)]

🎈 Imam Muhammad bin Idris asSyafi'i berkata :

(كل ما قلت فكان عن النبي صلى الله عليه وسلم خلاف قولي مما يصح فحديث النبي أولى فلا تقلدوني) . (ابن عساكر بسند صحيح 15 / 9 / 2)

“Setiap apa-apa yang aku ucapkan apabila (terpadat) dari hadits Nabi [] dan yang aku ucapkan itu menyelisihinya maka hadits Nabi lebih utama maka janganlah kalian bertaklid kepadaku.” [Ibid]

🎈 Imam Muhammad bin Idris asSyafi'i berkata :

(كل حديث عن النبي صلى الله عليه وسلم فهو قولي وإن لم تسمعوه مني) . (ابن أبي حاتم 93 – 94)

“Setiap hadits dari Nabi [] adalah pendapatku WALAUPUN kalian tidak pernah mendengarnya dariku.” [Ibnu Abi Hatim (93-94)]

*IMAM MALIK BIN ANAS*
(Pendiri madzhab Maliki)

🎈 Imam Malik bin Anas rahimahullah berkata,

إِنَّمَا أَنَا بَشْرٌ، أُخْطِئُ وَأُصِيْبُ، فَانْظُرُوْا فِي رَأْيِيْ؛ فَـكُلُّ مَا وَافَقَ الْكِتَابَ وَ السُّنَّةَ فَخُذُوْهُ، وَ كُلُّ مَا لَمْ يُوَافِقِ الْكِتَابَ وَالسُّنَّةَ فَاتْرُكُوْهُ
[ابن عبد البر في "الجامع" 2 / 32].

“Sesungguhnya aku hanya seorang manusia yang bisa salah dan bisa benar, maka perhatikanlah pendapatku. Setiap pendapatku yang sejalan dengan Al-Kitab (Al-Qur’an) dan As-Sunnah, maka ambillah. Dan setiap pendapatku yang tidak sejalan (menyelisihi) Al-Kitab dan As-Sunnah, maka tinggalkanlah” . [Ibnu ‘Abdil Barr dalam al-Jaami’ Bayanil ‘Ilmi (2/32), Ibnu Hazm dalam Ushuulul al-Ahkam (6/149), dan juga Al-Fallani (hal. 72).]

🎈 Imam Malik rahimahullah berkata,

"إذا قلت قولا يخالف كتاب الله تعالى وخبر الرسول صلى الله عليه وسلم فاتركوا قولي" [الفلاني في "الإيقاظ" ص 50].

"Apabila aku berkata satu perkataan yang menyelisihi kitabullah (Alqur’an) dan khabar Rosulullah _Shallallahu alaihi wasallam_ (hadits), maka tinggalkanlah perkataanku."

🎈 Imam Malik rahimahullah berkata,

"ليس أحد بعد النبي صلى الله عليه وسلم إلا ويؤخذ من قوله ويترك إلا النبي صلى الله عليه وسلم" [ابن عبد البر في "الجامع" 2 / 91].

"Tidak ada seorangpun sesudah Nabi _Shallallahu alaihi wa sallam_ MELAINKAN bisa diambil maupun ditinggalkan ucapannya, SELAIN Nabi _Shallallahu alaihi wa sallam._ "

Artinya : selain Nabi Muhammad _Shallallahu alaihi wa sallam_ bisa diambil ucapannya ataupun dibuang perkataannya. Jika sesuai dengan ucapan dan petunjuk nabi maka diambil. Jika menyelisihi sabda nabi, buang saja...!!

🎈 Berkata Ibnu Wahbin :

قال ابن وهب: سمعت مالكا سئل عن تخليل أصابع الرجلين في الوضوء فقال: ليس ذلك على الناس. قال: فتركته حتى خف الناس فقلت له: عندنا في ذلك سنة فقال: وما هي قلت: حدثنا الليث بن سعد وابن لهيعة وعمرو بن الحارث عن يزيد بن عمرو المعافري عن أبي عبد الرحمن الحنبلي عن المستورد بن شداد القرشي قال: رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم يدلك بخنصره ما بين أصابع رجليه. فقال: إن هذا الحديث حسن وما سمعت به قط إلا الساعة ثم سمعته بعد ذلك يسأل فيأمر بتخليل الأصابع. (مقدمة الجرح والتعديل لابن أبي حاتم ص 31 – 32)

“Saya mendengar Imam Malik ditanya tentang menyela-nyela jari-jemari kaki ketika berwudhu? Imam Malik berkata: ‘Amalan ini tidak dikerjakan orang-orang’. Ibnu Wahbin berkata: ‘Lalu aku tinggalkan Imam Malik hingga orang-orang di sekitarnya tinggal sedikit.’ Lalu aku katakan kepada Imam Malik; ‘Kami mempunyai dasar hadits Nabi tentang amalan itu.’ Imam Malik bertanya: ‘Apakah dasar haditsnya?’ Aku (Ibnu Wahbin) berkata: “Telah bercerita kepada kami al-Laits bin Sa’ad dan Ibnu Luhai’ah dan Amru bin al-Harits dari Yazid bin Amru al-Mu’afiri dari ayahku Abdurrahman al-Hanbali dari al-Mastaurid bin Syadad al-Qursyi ia berkata: “Saya melihat Rasulullah menyela-nyela jari-jemari kakinya dengan jari kelingkingnya.” Kemudian Imam Malik berkata: ‘Sesungguhnya hadits ini (derajatnya) hasan dan aku tidak pernah mendengarnya melainkan hari ini, dan aku (Ibnu Wahbin) mendengar beliau setelah (mengetahui hadits) itu tatkala beliau ditanya tentang hal itu maka beliau pun memerintahkan untuk menyela-nyela jari kaki dengan jari kelingking.” [Muqaddimah al-Jarh wa Ta’dil Ibnu Abi Hatim (hlm. 31-32) dan al-Baihaqi dalam sunan-nya (1/81)]

*IMAM ABU HANIFAH (IMAM HANAFI)*

🎈 Imam Hanafi _rahimahullah_ berkata,

"إذا وجدتم في كتابي خلاف سنة رسول الله صلى الله عليه وسلم فقولوا بسنة رسول الله صلى الله عليه وسلم ودعوا ما قلت"، وفي رواية: "فاتبعوها ولا تلتفتوا إلى قول أحد" [النووي في "المجموع" 1 / 63].

"Apabila aku berkata satu perkataan yang menyelisihi kitabullah (Alqur’an) dan khabar Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam (hadits), maka tinggalkanlah perkataanku. Dalam riwayat lain beliau berkata: "Maka ikutilah dia (:khabar rosulullah) dan jangan hiraukan ucapan orang"

"إذا صح الحديث فهو مذهبي" [النووي 1 / 63].

"Apabila hadits itu (derajatnya) shohih, maka itulah madzhabku /pendapatku"

"كل مسألة صح فيها الخبر عن رسول الله صلى الله عليه وسلم عند أهل النقل بخلاف ما قلت فأنا راجع عنها في حياتي وبعد موتي" [أبو نعيم في "الحلية" 9 / 107].

"“Setiap permasalahan yang shahih di dalamnya khabar dari Rasulullah _shallallahu ‘alaihi wasallam_ menurut ahli hadits menyelisihi apa yang aku ucapkan maka aku rujuk baik tatkala aku masih hidup maupaun tatkala aku sudah wafat.” [Abu Nu’aim dalam al-Hilyah (9/107)]

"كل حديث عن النبي صلى الله عليه وسلم فهو قولي وإن لم تسمعوه مني" [ابن أبي حاتم 93 - 94].

"Semua hadits dari Nabi _Shallallahu alaihi wasallam_ adalah merupakan ucapanku meskipun kalian tidak mendengarnya dariku."

*IMAM AHMAD BIN HANBAL (IMAM HANBALI)*


وأما الإمام أحمد فهو أكثر الأئمة جمعا للسنة وتمسكا بها حتى كان يكره وضع الكتب التي تشتمل على التفريع والرأي، ولذلك قال:

🎈 Imam Ahmad bin Hambal rahimahullah berkata,

"لا تقلدني ولا تقلد مالكا ولا الشافعي ولا الأوزاعي ولا الثوري وخذ من حيث أخذوا" [ابن القيم في "إعلام الموقعين" 2 / 302]،

"Janganlah kalian taklid kepadaku, jangan taklid kepada Malik, jangan taklid kepada asy-Syafi’i, jangan pula taklid kepada al-Awza’iy dan juga ats-Tsauriy. Tetapi ambillah dari arah mana mereka mengambil."

🎈 Imam Ahmad Berkata:

وفي رواية: "لا تقلد دينك أحدا من هؤلاء ما جاء عن النبي صلى الله عليه وسلم وأصحابه فخذ به ثم التابعين بعد الرجل فيه مخير"،

"Jangan taqlid dalam agamamu kepada seseorang dari mereka², apa saja yang datang dari nabi [] dan para sahabatnya maka AMBILLAH !!, kemudian tabi'in setelah seseorang yang padanya terpilih"

🎈 Imam Ahmad Berkata:

"الاتباع أن يتبع الرجل ما جاء عن النبي صلى الله عليه وسلم وعن أصحابه ثم هو من بعد التابعين مخير" [أبو داود في "مسائل الإمام أحمد" ص 276 - 277].

"Ittiba' (mengikuti) adalah mengikuti apa saja yang datang dari nabi [] dan dari para sahabatnya kemudian dari para tabi'in yang terpilih"

"رأي الأوزاعي ورأي مالك ورأي أبي حنيفة كله رأي وهو عندي سواء وإنما الحجة في الآثار" [ابن عبد البر في "الجامع" 2 / 149].

"Pendapat al-Awza’iy, pendapat Malik dan pendapat Abu Hanifah, semuanya itu hanyalah pendapat. Di sisiku semuanya itu sama. Hujjah itu hanyalah ada pada atsar."

"من رد حديث رسول الله صلى الله عليه وسلم فهو على شفا هلكة" [ابن الجوزي في "المناقب" ص 182].

"Barangsiapa yang menolak hadits Rosulullah _Shallallahu alaihi wa sallam_ maka berarti ia berada di tepi jurang kebinasaan."

🎈 Berkata Abu Dawud, Aku pernah bertanya kepada Imam Ahmad,
”Apakah al-Awza’iy itu pengikut Imam Malik?”. Ia menjawab, ”Janganlah engkau taklid kepada seseorang dari mereka di dalam agamamu. Apa yang datang dari Nabi Shallallahu alaihi wa sallam dan para shahabatnya maka ambillah”.

"Sebahagian dari minimnya pemahaman seseorang terhadap agamanya adalah ia taklid kepada orang-orang di dalam agamanya."

🎈 Imam Ahmad Berkata:

لاَ تُـقَـلِّـدْنِيْ وَلاَ تُـقَـلِّـدْ مَالِكًا وَلاَ الشَّافِعِيَّ وَلاَ الْأَوْزَاعِيَّ وَلاَ الثَّوْرِيَّ؛ وَخُذْ مِنْ حَيْثُ أَخَذُوْا

“Janganlah kalian taqlid kepadaku, jangan pula taqlid kepada Malik, Asy-Syafi’i, Al-Auza’i, dan Ats-Tsauri, tetapi ambillah dari mana mereka mengambil (yakni Al-Qur’an dan As-Sunnah).” [Al-Fallani (hlm. 113) dan Ibnu Qayyim dalam I’laamul Muwaqi’in (2/302)]

🎈 Imam Ahmad Berkata:

وفي رواية: (لا تقلد دينك أحدا من هؤلاء ما جاء عن النبي صلى الله عليه وسلم وأصحابه فخذ به ثم التابعين بعد الرجل فيه مخير) (الاتباع أن يتبع الرجل ما جاء عن النبي صلى الله عليه وسلم وعن أصحابه ثم هو من بعد التابعين مخير) . (أبو داود في مسائل الإمام أحمد ص 276 – 277)

Dalam satu riwayat: “Janganlah taklid kepada siapapun dalam urusan agama, apa saja yang datang dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya maka ambilah ia, adapun terhadap orang sesudah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para shahabatnya (tabi’in) seseorang boleh memilih pendapatnya.” Dan Beliau juga berkata: “Para pengikut itu adalah orang yang mengikuti ajaran Nabi dan perkataan para shahabat, setelah itu ucapan para tabi’in boleh dipilih.” [Abu Dawud dalam Masaa`il al-Imam Ahmad (hlm. 276-277)]

🎈 Imam Ahmad Berkata:

رأي الأوزاعي ورأي مالك ورأي أبي حنيفة كله رأي وهو عندي سواء وإنما الحجة في الآثار . (ابن عبد البر في الجامع 2 / 149

“Pendapat al-Auza`i, pendapat Malik dan pendapat Abu Hanifah semuanya adalah pendapat, bagiku semuanya sama dan hujjah itu hanya terdapat pada atsar.” [Ibnu Abdil Barr dalam al-Jaami’ (2/149)]

🎈 Imam Ahmad Berkata:

(من رد حديث رسول الله صلى الله عليه وسلم فهو على شفا هلكة) . (ابن الجوزي في المناقب (ص 182)

“Barangsiapa menolak hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam maka ia berada dalam tepi jurang kehancuran.” [Ibnul Jauzi dalam al-Manaaqib (hlm. 182)]

🎈 Adakah yang bisa memetik hikmah dan faidah dari sabda Rosulullah _Shallallahu alaihi wa sallam_ dan ucapan para imam tersebut bagi segenap umat Islam, khususnya para dai?. Sehingga tidak ada lagi terlihat gejala dan penyakit fanatik golongan ini pada mereka. Karena gejala dan penyakit fanatik golongan ini biasanya timbul dari sikap para dai yang menyeru dan mengajak umat ini kepada kefanatikan suatu golongan tertentu yang mereka anut. Belumkah mereka membaca nash-nash di atas ataukah mereka berpura-pura tidak tahu?. Gejala dan penyakit ashobiyah (fanatik golongan) ini biasanya dilahirkan pula oleh sikap kaum muslimin yang berlebih-lebihan terhadap ustadz, guru, berlebihan ashobiyah kepada ormas, lembaga, organisasi ataupun para imam mereka. Sehingga mereka berasumsi bahwa hanya ustadz dan imam mereka sajalah yang benar dan berhak untuk menyampaikan kebenaran.

🎈 YANG LEBIH PARAH adalah : sudah fanatik, NGAWUR lagi. Mereka dengan enaknya berkata; "madzhab syafi'i itu ya...begini". Kalau gak seperti kita, mereka bukan Syafi'iyah. Padahal imam AsSyafi'i berlepas diri dari klaim mereka. Imam Syafi'i tidak pernah mengajarkan dzikir jama'i di kuburan, meminta kepada mayat di kuburan, istighotsah dengan roh para leluhur, nyanyi² antara adzan dan iqomah, dan sebagainya yang semua disandarkan kepada madzhab tertentu.

🎈 Karena fanatik buta, sedangkan orang selain mereka dianggap tidak benar dan tidak pantas untuk menyampaikan kebenaran dan jikapun benar itupun harus seidzin dan sepengetahuan ustadz dan imam mereka, walaupun orang yang menyampaikannya itu benar-benar menyampaikan kebenaran dari alqur’an dan hadits yang shahih. Iblis la’natullah alaihi saja yang telah jelas kesesatannya mengatakan, ”Aku adalah termasuk orang-orang yang memberikan nasihat” (QS. al-A’raf/ 7: 21), ketika menggelincirkan nabi Adam alaihi as-Salam dan istrinya dari surga. Apalagi manusia yang merasa benar dan tidak mengetahui kesesatannya tentu dengan penuh keyakinan juga akan mengatakan, ”Aku adalah termasuk orang-orang yang memberikan nasihat dan yang menyampaikan kebenaran”.

🎈 Takkan ada orang yang tahu akan aib dirinya sendiri jika tidak pernah mengaca kepada cermin. Pun demikian tiada orang yang akan tahu akan kesalahan dan kesesatan dirinya jika ia tidak mau mengaca kepada kitabullah dan sunah Rosul-Nya _Shallallahu alaihi wa sallam._

تلك هي أقوال الأئمة رضي الله تعالى عنهم في الأمر بالتمسك بالحديث والنهي عن تقليدهم دون بصيرة وهي من الوضوح والبيان بحيث لا تقبل جدلا ولا تأويلا وعليه فإن من تمسك بكل ما ثبت في السنة ولو خالف بعض أقوال الأئمة لا يكون مباينا لمذهبهم ولا خارجا عن طريقتهم بل هو متبع لهم جميعا ومتمسك بالعروة الوثقى التي لا انفصام لها وليس كذلك من ترك السنة المثبتة لمجرد مخالتفها لقولهم بل هو بذلك عاص لهم ومخالف

🎈 Demikianlah pernyataan A`immah agar kita senantiasa ittiba’ dan taraju’ kepada As-Sunnah serta meninggalkan pendapat-pendapat yang bertentangan dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah dan sekaligus larangan untuk bertaklid (mengikuti tanpa dasar) buta terhadap siapapun. Wallahu a’lam bish-shawwab.
[Alhamdulillah, selesai dinukil dari Kitab Shifaatu Shalaatin Nabi (hlm. 46-53) Syaikh Al-Muhaddits Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullaah, cet. Maktabah Al-Ma’arif ]


Semoga bermanfaat. Amiin.

أبو حسن

Tidak ada komentar :

Posting Komentar